Heboh Kasus Gagal Ginjal Akut pada Anak, Dinkes Beri Peringatan Faskes dan Apotek di Lebak

Date:

Dinkes Kabupaten Lebak beri peringatan seluruh Faskes dan apotek di Lebak terkait fenomena gagal ginjal akut pada anak. ILUSTRASI Gagal ginjal akut pada anak. Foto: Kompas.com/ Shutterstock/Shidlovski.

Lebak– Dinas Kesehatan atau Dinkes Kabupaten Lebak menghentikan sementara distribusi obat sirup ke seluruh Puskesmas. 

Bukan tanpa alasan, kebijakan itu diambil untuk menindaklanjuti instruksi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengenai kasus penyakit gagal ginjal akut pada anak.

“Benar menindaklanjuti surat Kemenkes, khusus untuk obat-obatan sirup sementara ini kami hentikan dulu distribusinya dari gudang farmasi ke setiap puskesmas,” kata Kabid Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinkes Lebak, Endang Komarudin, Kamis, 20 Oktober 2022.

Dinkes Lebak juga telah meneruskan instruksi Kemenkes agar fasilitas kesehatan dan apotek di Lebak untuk tidak memberikan resep obat dalam bentuk sirup atau cair.

“Sampai keluar keputusan dari pemerintah setelah dilakukan penelitian, untuk sementara obat-obat sirup dihentikan sementara,” terang Endang.

Ia menjelaskan, tidak ada penarikan terhadap obat sirup yang sudah ada di setiap puskesmas. Penarikan akan dilakukan jika obat-obat tertentu memang sudah dinyatakan tak boleh beredar.

“Walaupun puskesmas statusnya BLUD dan bisa membeli sendiri obat yang dibutuhkan, tapi kami sudah sampaikan untuk menyetop dulu obat sirup sampai ada putusan pemerintah,” jelas Endang.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pangling! Begini Penampakan Kawasan Jalan Kali Sipon setelah Hari keempat Penertiban

Berita Tangerang - Penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot)...

Kejuaraan Nasional Gateball 2024 Digelar di Alun-alun Ahmad Yani Kota Tangerang 26-28 April 2024

Berita Tangerang - Bagi Anda pecinta olahraga, jangan sampai...

Kapolri Ungkap Peran Besar Muhammadiyah bagi Bangsa

Berita Jakarta - Muhammadiyah senantiasa selalu mengingatkan seluruh elemen...