Tingkatkan Nilai Jual Produk IKM, Disperindagkop UKM Kota Tangerang Gelar Pelatihan Desain Kemasan

Date:

Pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) yang merupakan bagian dari UMKM mengikuti Pelatihan Desain Kemasan yang digelar Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah atau Disperindakop UKM Kota Tangerang, Senin, 24 Oktober 2022.(FOTO: BantenHits.com/ Hendra Wibisana)

Tangerang – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disperindakop UKM) menggelar kegiatan Pelatihan Desain Kemasan bagi Pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) yang bertempat di Gedung Cisadane Kota Tangerang, Senin, 24 Oktober 2022.

Kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari ini dibuka secara langsung oleh Kepala Disperindagkop UKM Kota Tangerang Suli Rosadi, S.Sos.

Menurut Suli, pelatihan ini diikuti sebanyak 50 orang peserta Pelaku IKM yang ada di Kota Tangerang, dimana Pelaku IKM tersebut juga merupakan bagian dari UMKM. Peserta kegiatan merupakan pelaku IKM yang telah mengikuti proses sertifikasi halal yang dilaksanakan oleh dinas. Pelatihan ini dibagi menjadi 3 angkatan dan angkatan ini merupakan angkatan terakhir.

“Maksud dan tujuan kegiatan ini yaitu guna meningkatkan kemampuan dan wawasan Pelaku IKM dalam mengembangkan kreatifitasnya mendesain kemasan sehingga IKM dapat berdaya saing dan turut andil membanggakan Kota Tangerang,” ujar Suli Rosadi, usai membuka pelatihan tersebut.

50 pelaku IKM di Kota Tangerang antusias mengikuti Pelatihan Desain Kemasan yang digelar Dispperindagkop UKM Kota Tangerang.(BantenHits.com/ Hendra Wibisana)

Dalam dunia pemasaran, lanjutnya, tentunya kemasan suatu produk bisa mempengaruhi nilai jual dan daya tarik para konsumen terutama bagi yang berkunjung ke Kota Tangerang.

“Hal ini bisa dijadikan buah tangan atau oleh-oleh ketika para pengunjung kembali ke daerah asalnya atau masyarakat Kota Tangerang yang akan berkunjung ke daerah lain. Kita juga sebagai warga Kota Tangerang harus memiliki kebanggaan seperti daerah-daerah lain terutama ciri khas makanan dan sebagainya,” terangnya.

Selain itu, Suli Rosadi menambahkan, desain kemasan juga dapat berperan sebagai sarana komunikasi dan promosi penjual kepada para konsumen dalam memasarkan produknya. Pelaku IKM dapat menjelaskan produknya melalui desain kemasan yang menggambarkan ciri khas produk tersebut. Mulai dari nama produk, kelebihan produk, dan sebagainya yang didesain sedemikian rupa sehingga menarik minat dan informasi produk dapat tersampaikan dengan baik kepada konsumen.

“Kemasan merupakan media yang paling depan dan paling pertama yang akan dilihat oleh konsumen. Setelah itu barulah produk atau isi yang ada didalam kemasan tersebut yang akan dilihat. Jadi, desain kemasan harus dapat mewakili dan menunjukkan kualitas sebuah produk,” jelasnya.(ADVERTORIAL)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Kejuaraan Nasional Gateball 2024 Digelar di Alun-alun Ahmad Yani Kota Tangerang 26-28 April 2024

Berita Tangerang - Bagi Anda pecinta olahraga, jangan sampai...

Kapolri Ungkap Peran Besar Muhammadiyah bagi Bangsa

Berita Jakarta - Muhammadiyah senantiasa selalu mengingatkan seluruh elemen...