Connect with us

Berita Pemda

BSSN Langsung Turun, Yuk! Kenalan dengan tangerangkab-CSIRT yang Berfungsi Lindungi Data dan Dokumen di Lingkungan Pemkab

Published

on

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar saat launching Program tangerangkab-CSIRT yang digagas Diskominfo Kabupaten Tangerang di ICE BSD City, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Senin, 21 November 2022.(FOTO: tangerangkab.go.id)

Tangerang – Badan Siber dan Sandi Negara atau BSSN turun langsung ke Kabupaten Tangerang untuk bekerjasama melalui program Kabupaten Tangerang Computer Security Insident Response Team (tangerangkab-CSIRT).

Program tangerangkab-CSIRT yang digagas Diskominfo Kabupaten Tangerang ini telah dilaunching Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar di ICE BSD City, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Senin, 21 November 2022.

Zaki mengatakan, tangerangkab-CSIRT nantinya akan melindungi dan menjaga sistem keamanan jaringan khususnya cyber di Kabupaten Tangerang bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Provinsi Banten.

BACA :  DPMPD Kabupaten Pandeglang Tak Bisa Pastikan Pencairan Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa

“Hari ini launching dari Tangerangkab-CSIRT yaitu Computer Security Insident Respond Tim, yang dimana Tangerangkab-CSIRT ini bertugas salah satunya untuk melindungi data dan juga dokumen-dokumen pemerintah maupun di opd-opd se-Kabupaten Tangerang. CSIRT ini juga terkoneksi dengan provinsi dan BSSN,” ungkap Zaki dalam keterangan resmi.

Zaki berharap dengan adanya tangerangkab-CISRT, kecenderungan anomali ataupun insiden-insiden untuk percobaan pembobolan data atau peretasan baik dari kabupaten ke pusat dan Provinsi Banten ataupun sebaliknya bisa dideteksi lebih dini dan dapat segera diantisipasi segala dampak serta penanggulangannya.

“Saya sangat mengapresiasi Diskominfo Kabupaten  Tangerang yang telah memprogram dan melaunching tim keamanan ini. Semoga keamanan dan keselamatan data dan dokumen yang ada di Kabupaten Tangerang bisa lebih terjaga dan integritasnya bisa dipercaya,” harapnya.

BACA :  MTQ Emas Kabupaten Tangerang Digelar 4-9 November 2019, Rudy Maesyal Ingin Syiarnya Menggema hingga ke Pelosok

Perlu diketahui, Tangerangkab-CSIRT atau Tim Tanggap Insiden Keamanan Komputer Kabupaten Tangerang merupakan tim yang dibentuk untuk untuk melakukan penanggulangan insiden, mitigasi insiden, investigasi dan analisis dampak insident, serta pemulihan pasca insident keamanan siber di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang.

Acara tersebut juga dihadiri oleh: Direktur Keamanan Cyber BSSN, Sekdis Kominfo Propinsi Banten, Perwakilan Unsur Forkopimda dan Kadis Kominfo Kabupaten Tangerang.



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler