Connect with us

Advertorial

Hasbi Sidik Minta Kesbangpol Kota Cilegon Berinovasi Agar Sosialisasi tentang Pemilu Masif Menjangkau Warga

Published

on

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon, Hasbi Sidik berfoto bersama seusai menghadiri Forum Komunikasi Sosial Politik yang diselenggarakan oleh Badan Kesbangpol Kota Cilegon, Senin 21 November 2022.(ISTIMEWA)

Cilegon – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik atau Kesbangpol Kota Cilegon diminta untuk berinovasi agar sosialisasi tentang demokrasi, terutama Pemilihan Umum (Pemilu) bisa lebih masif dan menjangkau masyarakat di setiap kelurahan di Kota Cilegon.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon, Hasbi Sidik saat menghadiri Forum Komunikasi Sosial Politik yang diselenggarakan oleh Badan Kesbangpol Kota Cilegon, Senin 21 November 2022.

Menurut Hasbi, inovasi yang dilakukan Badan Kesbangpol Kota Cilegon salah satunya adalah dengan membentuk Duta Demokrasi Kelurahan.

BACA :  Stok Darah Menipis saat Pandemi COVID-19, PMI Banten Gelar Gebyar Pekan Kemanusiaan

Seperti duta pada umumnya, Duta Demokrasi Kelurahan bertugas untuk memberikan pencerahan atau sosialisasi tentang demokrasi kepada masyarakat.

“Di samping KPU (Komisi Pemilihan Umum) dan Bawaslu (Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) yang harus masif, Kesbangpol juga harus memberikan pencerahan,” ujar Hasbi.

Jangkauan KPU dan Bawaslu dalam memberikan pencerahan demokrasi, lanjut Hasbi, kadang terbatas dan tidak menembus masyarakat di level kelurahan.

“Sedangkan, kelurahan menjadi cluster yang perlu disentuh oleh pendidikan demokrasi agar bisa bijak dalam menghadapi masa-masa politik seperti pada saat Pemilu,” paparnya.

Wakil Ketua DPRD Kota Cilegon, Hasbi Sidik meminta agar Kesbangpol Kota Cilegon berinovasi agar sosialisasi Pemilu bisa menjangkau warga. Salah satunya dengan membentuk Duta Demokrasi Kelurahan.(ISTIMEWA)

Dijelaskan Hasbi, pencerahan harus secara masif dilakukan terutama kepada kalangan pemilih pemula di Kota Cilegon.

BACA :  Dokumen Pelaksanaan Anggaran Bupati Cup di Pandeglang Tak Transparan, Ahmad Jubaedi; Buat Apa Itu Rahasia Negara

Jumlah pemilih pemula cukup signifikan dan menjadi kunci keberhasilan penyelenggaraan pemilu.

Untuk itu pemberian pemahaman kepada pemilih pemula sangat penting sehingga bisa menjadi pemilih yang bijak.

Selain itu, Kesbangpol juga diharapkan mendorong keterwakilan perempuan di kancah perpolitikan di Kota Cilegon.

Saat ini, lanjut Hasbi, keterwakilan perempuan misalnya pada Pemilihan Legislatif (Pileg) hanya seperti pelengkap dan sekadar menggugurkan kewajiban.

“Hari ini kalau pun ada kader perempuan hanya sebagai pelengkap, bukan kualitas, maka peran itu boleh diambil Kesbangpol agar para perempuan mau antusias kepada parpol,” tuturnya.

Yang juga perlu menjadi perhatian Kesbangpol selain dua hal itu adalah terkait saksi. (ADV)



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler