Dear, Kepala Desa se-Kabupaten Serang! Saatnya Anda ‘Berlari’ Memberikan Pelayanan lewat Digitalisasi

Date:

Bupati Serang Ratu Tatu saat berbicara di hadapan kepala desa se-Kabupaten Serang ketika pelantikan Apdesi Kabupaten Serang. (Istimewa)

Berita Serang – Percepatan pelayanan dan digitalisasi adalah keniscayaan yang harus dilakukan para aparatur pemerintah, tak terkecuali di tingkat desa.

Keinginan itu diutarakan Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah saat menghadiri pelantikan Dewan Pengurus Cabang (DPC) Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Serang, di Lapangan Tenis Indoor, Setda Pemkab Serang, Sabtu, 3 Desember 2022.

Kepengurusan Apdesi Kabupaten Serang 2022-2027 di bawah pimpinan Muhammad Maulidin Anwar itu dilantik Ketua Apdesi Banten Uhadi dan dikukuhkan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah berharap, Apdesi yang baru dilantik harus mampu mewakili kepentingan dan fasilitator dari 326 desa di Kabupaten Serang. Kemudian pemerintah desa harus mampu sejalan dengan program prioritas yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang.

“Saat ini kita berada pada masa pemulihan ekonomi paska pandemi Covid-19. Maka pemulihan ekonomi ini harus juga dilaksanakan oleh pemerintah desa, dan kepala desa lebih tahu potensi yang berkaitan dengan pemulihan ekonomi,” ujar Tatu melalui keterangan resmi.

Kemudian di era perkembangan teknologi informasi, Tatu meminta kepala desa melaksanakan pelayanan berbasis digitalisasi.

“Dengan digitalisasi, akan memudahkan, lebih efisien, efektif, dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Turut hadir, anggota DPR RI Tubagus Haerul Jaman, Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto, Ketua Karang Taruna Provinsi Banten yang juga Ketua Dewan Pembina Apdesi Banten Andika Hazrumy, Wakil Ketua DPRD Banten Fahmi Hakim, Ketua DPRD Kabupaten Serang Bahrul Ulum, sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemkab Serang.

Indeks Desa Membangun

Ketua Dewan Pembina Apdesi Banten, Andika Hazrumy mendorong pemerintahan desa, untuk meningkatkan indeks desa membangun atau IDM. Sebab menurut data Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tahun 2020 menyebutkan, IDM empat kabupaten di Provinsi Banten sudah masuk kategori Berkembang, yakni di kisaran angka 0.6626.

Empat daerah yang dimaksud adalah Kabupaten Tangerang, Serang, Pandeglang, dan Lebak. “Kita harus terus memacu pembangunan di desa agar IDM kita bisa masuk kategori maju,” pungkas Andika.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Kejuaraan Nasional Gateball 2024 Digelar di Alun-alun Ahmad Yani Kota Tangerang 26-28 April 2024

Berita Tangerang - Bagi Anda pecinta olahraga, jangan sampai...

Kapolri Ungkap Peran Besar Muhammadiyah bagi Bangsa

Berita Jakarta - Muhammadiyah senantiasa selalu mengingatkan seluruh elemen...