Millenials dan Pelaku UMKM di Kabupaten Tangerang Harus Berkembang dengan Kemunculan House of TikTokers Digital Hub

Date:

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (enam dari kiri) dan Sekda Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid (tujuh dari kiri) saat menghadiri grand opening House of TikTokers by DCT Agency dan Marketing Gallery Digital Loft di BSD City, Kabupaten Tangerang, Jumat, 27 Januari 2023. (Foto: tangerangkab.go.id)

Berita Kabupaten Tangerang – Para millenials dan pelaku UMKM di Kabupaten Tangerang diharapkan mampu mengembangkan diri dan ikut bersaing di pasar global.

Kemunculan House of TikTokers Digital Hub, BSD City, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang diharapkan mampu membantu millenials dan pelaku UMKM di Kabupaten Tangerang.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Moch. Maesyal Rasyid saat menghadiri Grand Opening House of TikTokers Digital Hub, BSD City, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang. Jumat, 27 Januari 2023.

Pria yang biasa disapa Rudy Maesyal ini mengatakan, pertumbuhan digitalisasi di wilayah Kabupaten Tangerang mendorong UMKM agar terus meningkatkan inovasi dan kreativitas di bidang ekonomi kreatif.

Rudy berharap dengan diresmikannya House of TikTokers by DCT Agency dan Marketing Gallery Digital Loft dapat membantu kaum milenial dan UMKM khususnya di Kabupaten Tangerang untuk mengembangkan diri dan ikut bersaing di pasar global.

“Dengan diresmikannya DCT Agency dan Marketing Gallery Digital Loft ini diharapkan menjadi geliat kreatifitas anak muda dan UMKM untuk meningkatkan ekonomi Indonesia, khususnya di Kabupaten Tangerang, ” ungkap Rudy melalui website resmi.

Ekonomi Digital Tumbuh Pesat

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang hadir pada peresmian tersebut mengajak para content creator untuk merangkul para pelaku UMKM di Indonesia mengembangkan bisnis menuju ekonomi digital.

Dia menambahkan, keterlibatan konten kreator sangat dibutuhkan karena saat ini masih banyak pelaku UMKM kesulitan melakukan promosi melalui teknologi digital.

“Saat ini, UMKM di Indonesia sangat membutuhkan promosi dan penjualan digital, karena perkembangan (ekonomi digital) cukup pesat. Tercatat waktu Harbolnas, penjualannya mencapai Rp22,7 triliun,” ungkap Sandiaga.

Menurut Sandi, transformasi digital yang saat ini terjadi sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, baik dalam hal transaksi maupun promosi yang memanfaatkan teknologi digital.

Sementara itu, CEO Digital Tech Ecosystem and Development Sinar Mas Land, Irawan Harahap mengatakan pembangunan kawasan Digital Hub yang digadang-gadang menjadi silicon valley Indonesia akan turut serta membantu pemerintah dalam mengembangkan ekosistem digital tersebut.

“Bukan hanya dari sisi kontem kreator, tapi kami pun juga siap membantu pemerintah dari sisi lokasi, untuk menampung para start up dalam mengembangkan bisnisnya,” ujarnya.

Founder dan CEO Social Bread, salah satu startup yang menjembatani UMKM dengan para konten kreator, Edho Zell mengatakan, pihaknya menjembatani UMKM agar dapat maju dengan memanfaatkan digitalisasi teknologi dan sosial media. Sehingga UMKM brand lokal bisa berkembang dan terus maju.

“Ada 70 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang  sudah bekerja sama dengan memanfaatkan pemasaran digital. Hal ini karena melihat ke depan bahwa ekonomi kreatif akan menjadi pemulihan ekonomi nasional dengan adanya isu potensi resesi di 2023,” ungkap Edho.

Edho melanjutkan media promosi yang tarifnya murah, praktis dan luas jangkauannya sangat membantu para UMKM memasarkan produknya tanpa harus sulit melakukan pengambilan gambar atau editing.

“Disini tarif mulai Rp. 80 ribu. Mereka (UMKM) bisa bekerja sama dengan para pelaku media sosial untuk promosi dagangannya,” bebernya.

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...