Ketua PB IDI Moh. Adib Khumaidi Jabat Ketua Asosiasi Kedokteran Se-ASEAN

Date:

Ketua PB IDI, dr Moh. Adib Khumaidi, SpOT resmi menjabat Ketua MASEAN, yakni perhimpunan kedokteran nasional dari negara-negara ASEAN. Jabatan baru untuk Ketua PB IDI itu ditandai dengan penyerahan amanat dari Ketua MASEAN sebelumnya, dr Nguyen Thi Xuyen, dari Vietnam Medical Association. (FOTO: DOK. PB IDI dikirimkan untuk BantenHits.com)

Berita Jakarta – Kabar membanggakan kembali datang dari anak bangsa yang sukses berkiprah di dunia internasional.

Keberhasilan kali ini ditorehkan Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia, dr Moh. Adib Khumaidi, SpOT.

Orang nomor satu di organisasi kedokteran di Indonesia itu ditunjuk menjadi Ketua Medical Association of South East Asian Nations (MASEAN), sebuah perhimpunan kedokteran nasional dari negara-negara ASEAN.

Jabatan Ketua MASEAN yang diemban Moh. Adib Khumaidi ditandai dengan penyerahan amanat dari Ketua MASEAN sebelumnya, dr Nguyen Thi Xuyen, dari Vietnam Medical Association.

Penyerahan mandat dilakukan bersamaan dengan pertemuan MASEAN yang bertajuk ‘Health Sector Recovery After Pandemic’ di Jakarta.

Selain menetapkan Ketua MASEAN, ditetapkan juga Sekretaris Jenderal (Sekjen) MASEAN, Dr Ng Chew Lip dari SIngapore Medical Association.

Moh. Adib Khumaidi sendiri akan menjabat sebagai Ketua MASEAN untuk dua tahun ke depan atau hingga akhir 2024.

Dalam sambutannya, Ketua MASEAN, Moh. Adib Khumaidi mengatakan, MASEAN mengakui pentingnya ikatan yang lebih erat di antara perhimpunan kedokteran nasional dalam membantu semua lapisan masyarakat di kawasan ASEAN untuk mencapai tingkat kesehatan setinggi mungkin, dan menyadari perlunya kerja sama dan upaya bersama dalam memelihara martabat dan standar profesi kedokteran.

“Kami juga  mendorong studi dan penyebaran semua aspek pengetahuan medis, penyetaraan kompetensi, termasuk transfer pengetahuan,” kata Moh. Adib melalui keterangan resmi PB IDI yang diterima BantenHits.com, Selasa, 7 Februari 2023.

Pentingnya Kolaborasi

Pertemuan perhimpunan dokter se-ASEAN di Jakarta. (DOK.PB IDI)

Pertemuan perhimpunan dokter se-ASEAN sekaligus acara penyerahan mandat kepemimpinan ini mengambil tema “Health Sector Recovery After Pandemic”.

Forum ini bertujuan menjadikan hubungan kesejawatan antara negara-negara ASEAN menjadi lebih kuat. Berbagai hal dibicarakan utamanya penguatan profesi dalam masa recovery pandemi.

Sekjen MASEAN, Ng Chew Lip mengungkapkan, Pandemi COVID-19 telah menggarisbawahi pentingnya kolaborasi regional, melalui berbagi informasi dan praktik terbaik dalam pengelolaan ancaman bersama.

“Hal ini juga memberikan kesempatan untuk melihat ke dalam menemukan kembali peran asosiasi medis, seperti memberikan informasi medis yang andal dan tepat waktu,” ungkapnya.

Acara penyerahan amanat tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, drg Widyastuti, MKM, dan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden RI, Mayjen Pol. (Purn). Drs. H. Sidarto Danusubroto, SH.

Sidarto menyebut, para dokter dan tenaga kesehatan merupakan pahlawan kemanusiaan yang berjuang di garda paling depan saat mengatasi COVID-19.

“Mereka (dokter dan tenaga kesehatan) betul-betul pahlawan kemanusiaan, yang mengangkat bagaimana COVID-19 cepat teratasi di Indonesia, itu luar biasa termasuk yang terbaik. Dengan kepemimpinan MASEAN pada dr Adib dari IDI, diharapkan organisasi-organisasi dokter se-ASEAN bisa meningkatkan kerja sama. Ini saatnya lebih mempererat kerja sama para dokter ASEAN dalam rangka pertukaran pengetahuan, kerja sama dan sebagainya untuk mengatasi masalah kesehatan,” kata Sidarto.

Hanya IDI yang Diakui Organisasi Dokter Dunia

MASEAN didirikan sejak 1 Maret 1980. Organisasi ini beranggotakan perhimpunan kedokteran nasional yang diakui secara konstitusi dari 10 negara anggota ASEAN.

Selain Ikatan Dokter Indonesia / Indonesian Medica Association yang mewakili Indonesia, MASEAN juga beranggotakan organisasi kedokteran medis dari Singapura (Singapore Medical Association), Malaysia (Malaysia Medical Association), Vietnam (Vietnam Medical Association), Thailand (Medical Association of Thailand), Filipina (Phillipine Medical Association), Brunei Darussalam (Brunei Medical Association), Kamboja (Cambodian Medical Association), Laos (Lao Medical Association), Myanmar (Myanmar Medical Association).

Selain menjadi tuan rumah MASEAN hingga tahun 2024, Ikatan Dokter Indonesia juga menjadi tuan rumah penyelenggaraan World Medical Association pada Agustus 2022.

Asosiasi Dokter Medis Sedunia atau World Medical Association (WMA) bahkan menegaskan hanya mengakui Ikatan Dokter Indonesia sebagai organisasi dokter Indonesia.

Hal itu diungkapkan oleh Sekjen WMA, dr Otman Kloiber saat International Code of Medical Ethics (ICoME).

“Bagi kami di WMA, keberadaan organisasi profesi juga haruslah tunggal karena menyangkut standarisasi etik kedokteran demi keselamatan pasien dan masyarakat, serta dokter. IDI merupakan anggota WMA dan memiliki sejarah panjang dengan WMA selama 70 tahun,” bebernya.

Selain bersama World Medical Association selama lebih dari 70 tahun, IDI juga termasuk salah satu inisiator MASEAN yang kini sudah berusia lebih dari 40 tahun.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mulai Sekarang Jangan Hanya Biasakan Buang Sampah pada Tempatnya, Tapi Simpan Sampah Sesuai Kategorinya!

Berita Tangerang - Mindset masyarakat soal sampah harus diubah....

Pemkab Serang Gelar Razia KTP bagi Pendatang Baru 29 April – 5 Mei 2024

Berita Serang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Serang melalui...

Kalian Pendatang Baru di Kota Tangerang dan Ingin Urus Pindah Domisili? Simak Info Resmi Ini!

Berita Tangerang - Buat kalian warga pendatang baru di...

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...