Jangan Pandang Sebelah Mata! Banyak Pelayanan Dasar Kesehatan Masyarakat Terpenuhi lewat Posyandu

Date:

Memeriksa kesehatan balita menjadi salah satu kegiatan Posyandu di Kota Tangerang. (FOTO: tangerangkota.go.id)

Berita Kota Tangerang – Keberadaan Pusat Pelayanan Terpadu atau Posyandu masih dipandang sebelah mata oleh sebagian kalangan. Padahal, justru lewat Posyandu banyak pelayanan dasar kesehatan yang diberikan kepada masyarakat.

Keberadaan Posyandu sendiri memiliki banyak keunggulan di antaranya keberadaannya yang mudah diakses dan jangkaunnya yang dirasakan sampai di lingkup masyarakat paling kecil.

Di Kota Tangerang, Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menjadikan Posyandu sebagai sarana untuk memberikan pelayanan kesehatana maksimal kepada warga.

Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr. Dini Anggraeni menjelaskan, dalam rangka meningkatkan efektivitas pelayanan, Posyandu membagi program pelayanannya menjadi dua bagian, yakni kegiatan utama yang bersifat menyeluruh, dan kegiatan pengembangan yang bersifat pilihan.

“Dinkes terus menciptakan inovasi pelayanan dalam program-program yang akan diwudukan Posyandu nantinya. Selain program utama yang telah menjadi pengetahuan umum masyarakat, kita juga sedang mengembangkan berbagai program pilihan secara lebih variatif,” kata Dini, Rabu, 8 Februari 2023 seperti dilansir situs resmi.

Ia melanjutkan, Posyandu memiliki beberapa pelayanan kegiatan utama yang selama ini telah rutin dijalankan. Seperti pemeriksaan rutin untuk kesehatan ibu dan anak, Keluarga Berencana (KB), imunisasi, gizi, serta pencegahan dan penanggulangan diare.

Selain itu, Dinkes juga menambahkan berbagai pelayanan program pengembangan atau pilihan yang sedang gencar disosialisasikan kepada masyarakat. Seperti, Bina Keluaga Balita (BKB), Tanaman Obat Keluarga (TOGA), Bina Keluarga Lansia (BKL), Pos Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dan Program pembangunan masyarakat desa lain. Terkhusus untuk ini, ditujukan sebagai bentuk optimalisasi pelayanan yang sedang dikembangkan.

“Selain itu, kita juga ada berbagai program pengembangan. Seperti BKB untuk orang tua yang memiliki anak usia 0-5 tahun, TOGA menyediakan berbagai tanaman obat yang dibutuhkan, membentuk kelompok kegiatan BKL untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi keluarga yang mempunyai lansia, PAUD, dan pembangunan masyarakat desa lain,” bebernya.

Sederet pogram pelayanan ini dapat diakses masyarakat umum di seluruh Posyandu yang tersebar di Kota Tangerang. Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat mengakses melalui laman pranala https://dinkes.tangerangkota.go.id/ , dan laman informasi resmi Dinkes Kota Tangerang lainnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pangling! Begini Penampakan Kawasan Jalan Kali Sipon setelah Hari keempat Penertiban

Berita Tangerang - Penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot)...

Kejuaraan Nasional Gateball 2024 Digelar di Alun-alun Ahmad Yani Kota Tangerang 26-28 April 2024

Berita Tangerang - Bagi Anda pecinta olahraga, jangan sampai...

Kapolri Ungkap Peran Besar Muhammadiyah bagi Bangsa

Berita Jakarta - Muhammadiyah senantiasa selalu mengingatkan seluruh elemen...