Alhamdulillah! Wilayah Pegunungan di Perbatasan Cilegon-Kabupaten Serang Akan Terang Benderang

Date:

Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian saat menerima hibau 2.000 unit lampu PJU tenaga surya atau PJU TS dari Lembaga Pengelola Hibah-Budaya Dunia Heritages (LPH-BDH) untuk Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon. Lampu PJU-TS tersebut akan diprioritaskan untuk dipasang di wilayah pegunungan perbatasan Kota Cilegon dengan Kabupaten Serang. (FOTO: cilegon.go.id)

Berita Cilegon – Wilayah-wilayah pegunungan yang menjadi perbatasan Kota Cilegon dengan Kabupaten Serang menjadi lokasi prioritas yang akan segera dipasangi lampu penerangan jalan umum (PJU).

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian seusai menerima hibah sebanyak 2.000 unit Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS), Senin, 20 Maret 2023.

2.000 PJU-TS itu merupakan hibah dari Lembaga Pengelola Hibah-Budaya Dunia Heritages (LPH-BDH) untuk Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon.

“Sebanyak 2.000 unit PJU-TS ini akan menerangi jalan sepanjang 58,05 kilometer di Kota Cilegon. Kami akan prioritaskan wilayah-wilayah yang masih gelap, terutama di pegunungan dan perbatasan Kota Cilegon,” kata Helldy melalui laman resmi Pemkot Cilegon dikutip BantenHits.com, Selasa, 21 Maret 2023.

Menurut Helldy hibah 2.000 unit PJU-TS itu akan semakin memperkuat program Cilegon Caang yang selama ini sudah berjalan, yakni menambah 5-10 unit PJU per tahun di setiap kelurahan.

Helldy berharap ke depan tidak ada lagi kesenjangan dimana wilayah perkotaan dan pegunungan bisa sama-sama terang.

“Dengan pemasangan 2.000 unit PJU-TS ini tidak ada wilayah yang gelap lagi di Kota Cilegon dan langsung dirasakan masyarakat fasilitas ini.” ungkapnya

Helldy meminta seluruh camat dan lurah untuk dapat bersinergi menjaga kondusifitas dan keamanan saat pemasangan PJU-TS tersebut.

“Faktor keamanan menjadi penting agar tidak terjadi kendala dalam pemasangannya. Ini semua demi masyarakat agar dapat merasakan fasilitas yang selama ini belum dirasakan secara merata,” ucapnya.

Cilegon Terang, Nusantara Bersinar

Penyerahan 2.000 unit PJU-TS ini dilakukan di Aula Setda II, Senin, 20 Maret 2023. Kegiatan yang mengusung tema “Cilegon Terang, Nusantara Bersinar” itu dihadiri Wakil Ketua DPRD Kota Cilegon Hasbi Sidik, Ketua LPH-BDH Ari Kuntadi, Direktur Utama PT Rajawali Anugrah Tehnik Paul Kristiyono, serta para camat dan lurah yang wilayahnya akan dipasangkan PJU-TS.

Kepala LPH-BDH Ari Kuntadi menyampaikan, pemberian hibah PJU-TS ini dilakukan karena merasa terdorong adanya pembangkit listrik di Cilegon yang bisa menerangi Pulau Jawa, Madura, hingga Bali tetapi masih ada wilayah di Cilegon yang gelap.

“Kami berharap pemasangan PJU-TS ini membuka kesadaran masyarakat untuk mendukung peralihan menuju energi terbarukan dan ramah lingkungan,” kataya.

Direktur Utama PT. Rajawali Anugrah Teknik Paul Kristiyono mengatakan, sebagai pemberi hibah PJU-TS, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dishub Kota Cilegon untuk menentukan lokasi mana saja yang akan dipasang.

“Yang jelas akan kami pasang sendiri karena ini kan tanggung jawabnya ada di kami. Tentu akan melibatkan tenaga kerja lokal Cilegon,”

Rencananya, PJU-TS akan dipasangkan di Pulomerak sebanyak 585 lokasi, Grogol 500, Cibeber 270, Ciwandan 190, Purwakarta 155, Citangkil 155, Cilegon 85, dan Jombang 60. “Kalau dihitung, satu unit PJU-TS ini harganya Rp7,5 juta. Semoga bermanfaat buat masyarakat,” tandas Paul

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Kapolri Ungkap Peran Besar Muhammadiyah bagi Bangsa

Berita Jakarta - Muhammadiyah senantiasa selalu mengingatkan seluruh elemen...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...