Ekonomi Warga Tumbuh setelah 601,13 KM Jalan Dibangun di Kabupaten Serang, Kini Pembangunan Puspemkab Siap ‘Digeber’

Date:

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah saat membuka Musrenbang RKPD 2023. Dalam kesempatan itu Tatu mengatakan,
Ekonomi warga tumbuh setelah 601,13 KM jalan dibangun di Kabupaten Serang. Setelah pembangunan infrastruktur selesai, kini Pemkab Serang fokus pada pembangunan Puspemkab Serang. (Foto: istimewa)

Berita Serang – Perekonomian warga bergerak tumbuh setelah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang membangun 601,13 KM jalan di Kabupaten Serang.

Itulah salah satu alasan, kenapa pembangunan infrastruktur jalan di Kabupaten Serang harus ditempatkan sebagai skala prioritas utama.

Demikian disampaikan Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023 di Aula Tb Suwandi, Setda Kabupaten Serang, Selasa, 21 Maret 2023.

Menurut Tatu, Pemkab Serang terus membuat skala prioritas pembangunan di tengah keterbatasan anggaran daerah. Setelah tuntas membangun infrastruktur jalan kewenangan kabupaten dengan betonisasi sepanjang 601,13 kilometer, kini pembangunan Pusat Pemerintah Kabupaten (Puspemkab) Serang jadi skala prioritas.

“Semua kegiatan pembangunan itu penting, tapi anggaran kita setiap tahun terbatas, maka harus ada skala prioritas. Puspemkab tentu harus menjadi skala prioritas,” kata Tatu kepada wartawan.

Menurut Tatu, pembangunan jalan sepanjang 601,13 kilometer yang menjadi kewenangan utama Pemkab Serang sudah selesai dibeton. Apakah tugas selesai? Tatu menegaskan, akan diteruskan dengan pembangunan jalan desa yang naik status menjadi kewenangan Pemkab Serang.

“Total jalan desa ada sekira 1.800 kilometer, ini harus dibantu oleh anggaran, harus diambil alih sebagian. Oleh DPU Kabupaten Serang dinaikan statusnya sekira 400 kilometer. ini jadi pekerjaan rumah kita kembali,” tegas Tatu.

“Tugas kita memang masih berat, terutama persoalan pengangguran juga. Kami merupakan daerah pencari kerja, ada industri. Dan yang menjadi catatan, warga luar daerah yang tinggal enam bulan lebih di Kabupaten Serang, dicatat sebagai angkatan kerja, dan masuk persentase Kabupaten Serang,” sambungya.

Namun paling penting, Tatu mendorong program ekonomi bagi masyarakat Kabupaten Serang. Maka program usaha mikro kecil menengah (UMKM) harus digerakkan.

“Kita harus buat program-program UMKM di dinas dinas terkait. Di dinas pertanian, perikanan, dan lain sebagainya. Harus terus kita dorong dan kita anggarkan, supaya perekonomian bergerak di tengah masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, Pemkab Serang harus membantu penyelenggaraan Pemilu serentak, termasuk sukses kepala daerah.

“Pemilu harus berjalan lancar, berjalan aman anggarannya harus kita amankan. Insya Allah, kita bisa menyiapkan anggaran untuk pemilu dulu sebelum kita bagi bagi ke yang lain,” ujar Tatu.

Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Serang, Rahmat Maulana membenarkan, Pemkab Serang harus menyediakan anggaran untuk pemilu kepala daerah.

“Pemilu kita kan, pemilu kosering dari pemerintah pusat, provinsi dan Kabupaten Serang. Kita bersepakat untuk fokus alokasi anggaran pemilu itu kita clear aman,” ujarnya.

Selain itu, kata Rahmat, Bupati Serang mendorong pencapaian target-target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Persoalan yang berhubungan dengan capaian misi kita di bidang kesehatan, insfrastruktur, itu menjadi agenda-agenda utama. Insya Allah kita pastikan itu juga akan berjalan dengan baik,” ujarnya.

Terpopuler

Share post:

spot_img

Berita Lainnya
Related

Krisis Uyghur, Pemerintah Tiongkok Diduga Kuat Sembunyikan Kebenaran dan Mempersulit Pemantauan Internasional

Berita Banten - Pemerintah Tiongkok diduga kuat menyembunyikan kebenaran...

Yuk, Belanja di Pasar Raya Plaza Shinta! Semua Kebutuhan Harian Lengkap Tersedia

Berita Tangerang - Bagi Anda yang ingin bernostalgia dengan...

Interior Bagian Pintu Kijang Innova Dimodifikasi untuk Simpan 30 Kilogram Sabu dari Pekan Baru

Berita Cilegon - Interior bagian pintu Kijang Innova dimodifikasi...