Warga Banten yang Biasa Beraktivitas ke Bekasi, Yuk Cobain Akses Tol Becakkayu yang Resmi Dujicoba Jumat 24 Maret 2023 Ini! 

Date:

Tol Becakkayu resmi diujicoba Jumat 24 Maret 2023 ini. Melalui akses Jalan Tol Becakkayu, Jakarta – Bekasi bisa ditempuh 30 menit saja. FOTO ILUSTRASI jalan tol: republika.co.id.

Berita Jakarta – Ada kabar baik untuk warga Banten dan seluruh pengguna jalan yang biasa beraktivitas ke Bekasi, Jawa Barat.

Hari ini, Jumat, 24 Maret 2023, Tol Becakkayu resmi diujicobakan. Menariknya, dengan menggunakan akses Tol Becakkayu, Jakarta – Bekasi bisa ditempuh 30 menit saja.

Uni coba dilakukan setelah PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM), anak usaha Waskita Toll Road (WTR) telah menerima izin pengoperasian Jalan Tol berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Bekasi Cawang Kampung Melayu Seksi 2A dan 2A Ujung Ruas Jakasampurna Marga Jaya.

“Salah satu manfaat Jalan Tol Becakayu yaitu dapat mempersingkat waktu tempuh hingga 30 menit dari Bekasi menuju Jakarta dan sebaliknya. Jadi bagi kalian yang ingin mempersingkat waktu tempuh dapat memilih Jalan Tol Becakayu sebagai alternatif rute perjalanan,” tulis akun Instagram resmi KKDM, Kamis, 23 Maret 2023 dikutip RCTI+, jaringan BantenHits.com.

Selama uji coba operasi ruas Jakasampurna Marga Jaya sepanjang 4,88 Km mulai tanggal 24 Maret 2023 ini, pengguna jalan akan dikenakan tarif lama sebesar Rp14.000 untuk Golongan I (jenis kendaraan mobil, sedan, bus, pick up dan truk kecil).

Uji coba yang dilakukan merupakan rangkaian sosialisasi penyesuaian tarif Jalan Tol Becakayu yang semula dengan sistem terbuka dengan 1 tarif (single tariff) menjadi sistem terbuka dengan 4 zonasi tarif.

Pasca sosialisasi dan uji coba, maka jalan tol Becakayu sepanjang 16,78 Km akan beroperasi secara penuh dengan menggunakan sistem 4 zonasi tarif.

Perubahan tarif Tol Becakayu diharapkan dapat menyeimbangkan antara panjang perjalanan rata-rata tempuh pengguna jalan tol dengan besaran tarif tol, sehingga pengguna jalan akan membayar sesuai dengan 4 zona asal dan tujuan.

Bagi pengguna jalan tol dari arah Bekasi yang masuk melalui Gerbang Tol (GT) Marga Jaya 2 dan keluar melalui exit Tol Pondok Kelapa, Jatiwaringin, Cipinang dan Jalan D.I. Panjaitan akan dikenakan tarif Zona 4.

Kemudian untuk tarif Zona 3 akan berlaku pada pengguna jalan yang masuk melalui GT Jakasampurna dan keluar pada exit Tol tersebut.

Bagi pengguna jalan dari arah Bekasi yang masuk melalui GT Pondok Kelapa 2 dan GT Jatiwaringin 2 menuju Jakarta masing-masing akan dikenakan tarif Zona 2 dan 1. Sedangkan bagi pengguna jalan tol dari arah Jakarta yang keluar pada GT Jatiwaringin 1, GT Pondok Kelapa 1, GT Bintara Jaya, dan GT Marga Jaya 1 masing-masing akan dikenakan tarif Zona 1, 2, 3, dan 4.

Ruas tol tersebut akan mulai efektif bertarif pada bulan April 2023 mendatang.

Adapun saat ini operator masih membuka secara uji coba. Masyarakat masih dikenakan tarif lama sebelum naik pada bulan April mendatang.

Sumber: RCTI +

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Woro-woro! Kuota untuk Uji Lab Produk IKM Gratis di Kota Tangerang Masih Tersedia

Berita Tangerang - Pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Pemkot Banjir Aduan, Skenario Penataan Pasar Sipon Segera Disiapkan

Berita Tangerang - Skenario penataan Pasar Sipon yang berlokasi...