Edukasi Digelar Serentak 37 Puskesmas dan 34 Rumah Sakit se-Kota Tangerang untuk Cegah TBC pada Anak

Date:

Dinkes Kota Tangerang menggelar edukasi seputar TBC pada Anak di 37 puskesmas dan 34 rumah sakit se-Kota Tangerang, Jumat, 24 Maret 2023. (tangerangkota.go.id)

Berita Kota Tangerang – Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kesehatan Kota Tangerang menggelar edukasi seputar penyakit tuberkulosis atau TBC pada anak secara serentak di 37 puskesmas dan 34 rumah sakit se-Kota Tangerang, Jumat, 24 Maret 2023.

Kegiatan ini digelar karena masih ditemukan kasus TBC pada anak. Selain itu, edukasi serentak ini juga bertepatan Hari TBC Sedunia yang jatuh pada 24 Maret 2023.

Edukasi serentak ini dilakukan secara langsung maupun daring dengan menghadirkan sejumlah narasumber di antaranya Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia, Provinsi Banten, dr. Didik Wijayanto, Sp. A.

Didik mengatakan, angka kasus TBC pada anak yang masih banyak ditemukan di Indonesia, semuanya berawal dari lingkungan sekitar.

“Gejalanya seperti demam yang tidak jelas terus menerus, penurunan berat badan secara drastis, dan virusnya bisa tertular dari orang-orang terdekat yang berkontak langsung dengan anak,” kata Didik yang menyampaikan pemaparan daring melalui akun IG dan YouTube Rumah Sakit Sari Asih Karawaci, Kota Tangerang, seperti dilansir laman resmi Pemkot Tangerang.

“Jika demam dengan batuk dan pilek itu kan termasuk influenza, lalu demam disertai muntah dan mencret itu kan rotavirus, nah, jika demam yang sudah diberikan obat penurun panas sembuh, lalu tiga hari kemudian masih demam berkelanjutan, itu bisa menjadi gejala awal,” lanjutnya.

Sejauh ini, Dinkes Kota Tangerang telah melakukan penanganan TBC pada anak dengan pemeriksaan skrining, Test Cepat Molekuler (TCM), serta X-ray di Puskesmas yang ada di Kota Tangerang.

“Penanganannya juga sudah bagus di fasilitas kesehatan tingkat pertama atau Puskesmas, apalagi untuk diagnosanya mereka sudah punya Test Cepat Molekuler (TCM), jadi rumah sakit tindak lanjut dalam pengobatannya. Karena pengobatan TBC ini harus konsisten,” ucap Didik.

Diharapkan, dengan adanya edukasi TBC pada anak ini, orang tua lebih peduli dan tidak malu jika anak terkena TBC. Karena saat ini, TBC bisa diobati secara gratis lewat memanfaatkan program yang telah disediakan Dinkes Kota Tangerang. (ADV)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related