Ribuan Warga Baduy Turun Gunung untuk Tradisi Seba

Date:

FOTO ILUSTRASI. Ribuan masyarakat Baduy ketika tiba di Alun-alun Rangkasbitung dan akan melaksanakan Seba di Pendopo Bupati Lebak. (Istimewa)

Berita Lebak– Ribuan warga baduy akan mendatangi Pendopo Bupati Lebak, Jumat, 28 April 2023. Mereka akan melakukan tradisi seba.

Kabarnya, 1.250 warga baduy bakal bertolak dari kampung halaman dan bergerak menuju Pendopo Bupati Lebak. Mereka akan menyampaikan amanatdan hasil panen satu tahun.

Seba Baduy merupakan tradisi satu tahun sekali yang biasanya dilakukan pertengahan tahun setelah warga Baduy selesai menggelar ritual Kawalu atau bulan puasa dalam kalender Adat Baduy.

“Info terkahir dari desa (Kanekes) 1.250 orang,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Lebak, Imam Rismahayadin, Rabu, 25 April 2023.

Jumlah warga Baduy yang datang turun ikut seba tahun ini, kata Imam, 10 kali lebih ramai dibanding tahun lalu yang hanya 120 orang.

Kata Imam, warga Baduy mulai berjalan kali dari Desa Kanekes, di Kecamatan Leuwidamar ke Pendopo Bupati Lebak di Rangkasbitung.

Mereka berjalan kaki sekitar 60 kilometer sejak Jumat pagi dan diperkirakan tiba di Alun-alun Rangkasbitung sekitar pukul 15.00 WIB.

Dari perwakilan Pemerintah Kabupaten Lebak sendiri rencananya akan melakukan penyambutan dan ikut berjalan kaki dari Rancagawe di Kecamatan Kalanganyar hingga Ke Alun-alun Rangkasbitung sekitar dua kilometer.

“Penerimaan rombongan akan dilakukan langsung oleh Bupati Lebak dan dilanjutkan dengan babacakan (makan bareng) warga Baduy,” kata Imam.

Saat proses penerimaan, perwakilan Suku Baduy akan menyampaikan amanat dari Puun atau pemimpin tertinggi di Baduy terkait hasil Kawalu yang telah dilakukan oleh warga Baduy.

Warga Baduy akan menginap di pendopo untuk kemudian melanjutkan perjalanan esok harinya ke Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang dan ke Pemerintah Provinsi Banten.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Authors

Terpopuler

Share post:

spot_img

Berita Lainnya
Related

Ketika Bupati Zaki Minta Sekda Maesyal Rasyid Cermat Gara-gara Temuan BPK Rp 153 M

Berita Tangerang - Gara-gara temuan BPK atau Badan Pemeriksa...

Program Bedah Rumah di Kota Tangerang Dilanjut, Target 2024 Ini 449 Unit

Berita Tangerang - Program Bedah Rumah di Kota Tangerang...