Layak Ditiru, Ternyata Ini yang Bikin Pemkot Tangerang Bisa 16 Kali Berturut-turut Raih WTP!

Date:

Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah saat menerima penghargaan WTP dari BPK RI, Senin, 8 Mei 2023. Penghargaan ini merupakan yang k-16 kalinya diraih Pemkot Tangerang. (Foto: tangerangkota.go.id)

Berita Tangerang – Pemerintah Kota atau Pemkot Tangerang baru saja meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LPKD) di tahun anggaran 2022 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Provinsi Banten.

Tidak hanya itu, raihan ini menjadi capaian yang telah dilakukan Pemkot Tangerang ke-16 kali secara berturut-turut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang, Herman Suwarman menjelaskan, capaian meraih opini WTP ini merupakan catatan yang membanggakan untuk semua pihak.

Pasalnya, opini WTP merupakan predikat yang diberikan oleh BPK terhadap Kementerian/Lembaga Pemerintah dan Pemerintah Daerah (Pemda) tertentu terkait keberhasilan mengelola tata kelola keuangan pemerintahan secara baik.

“Sebelumnya, opini WTP merupakan predikat apresiatif yang diberikan BPK RI untuk laporan keuangan yang telah terjamin dan dapat dipertanggungjawabkan,” kata Herman Suwarman, Senin, 8 Mei 2023, melalui keterangan resmi.

“Oeh karenanya, raihan yang baru-baru ini dicapai Pemkot Tangerang menandakan pengelolaan keuangan untuk kinerja pelayanan di Kota Tangerang telah berjalan dengan sangat optimal,” sambungnya.

Ia melanjutkan, opini WTP juga dapat digunakan sebagai representasi penilaian serta bukti dari satuan pemerintahan telah menjalankan kinerja secara transparan, akuntabilitas, efesien, bahkan bebas dari praktik korupsi.

Terkait penilaian yang dilakukan, kata Herman opini WTP ini mempunyai beberapa indikator, seperti Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, efektivitas Sistem Pengendalian Internal (SPI), dan kecukupan pengungkapan (adequate disclosures).

“Alhamdulillah, berdasarkan beberapa indikator tersebut, Pemkot Tangerang mendapatkan nilai rata-rata 85 persen, di atas nilai rata-rata nasional yang hanya 75 persen,” tambahnya.

Selain itu, opini WTP ini juga bermanfaat dalam mengawal tata kelola keuangan yang baik, serta dapat meningkatkan tingkat kepercayaan publik terkait kinerja pelayanan semakin tinggi.

“Kepercayaan publik yang tinggi ini sangat dibutuhkan sebagai dukungan konkret dan bukti kepuasan masyarakat terhadap proses kinerja, pelayanan, dan pembangunan yang selama ini dilakukan Pemkot Tangerang,” pungkasnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

    View all posts

Terpopuler

Share post:

spot_img

Berita Lainnya
Related

Program Bedah Rumah di Kota Tangerang Dilanjut, Target 2024 Ini 449 Unit

Berita Tangerang - Program Bedah Rumah di Kota Tangerang...

40 Pasangan di Pakuhaji Ikuti Isbat Nikah Massal yang Digelar MUI

Berita Tangerang - Sebanyak 40 pasangan di Kecamatan Pakuhaji...