Prabowo Mendominasi di Survei Litbang Kompas, Head to Head dengan Ganjar atau Anies Dua-duanya Dilibas

Date:

Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto berhasil mendominasi sebagai capres dengan elektabilitas tertinggi di Survei Litbang Kompas. Bahkan, dalam simulasi head to head melawan Ganjar Pranowo atau Anies Baswedan, dua-duanya dilibas Prabowo. (FOTO: RCTI+)

Berita Banten – Survei kekinian Litbang Kompas yang dipublikasikan di Harian Kompas, Rabu, 24 Mei 2023, menunjukkan elektabilitas Menteri Pertahanan Republik Indonesia yang juga Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto mendominasi dibanding dua rivalnya, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Dominasi Prabowo ditunjukkan di antaranya berhasil menggaet mayoritas pemilih dari Generasi Z atau Gen Z, yakni mereka yang berusia antara 17-26 tahun. Di kalangan ini, Prabowo sukses meraup 32,7 persen suara. Sementara Ganjar 24,5 persen, dan Anies 10 persen.

Prabowo juga sukses meraih suara Generasi Y yakni mereka yang berusia 27-41 tahun, dimana suara yang didapat Prabowo mencapai 23,9 persen, disusul Ganjar 23,1 persen.

Secara keseluruhan, survei Litbang Kompas juga menunjukkan Prabowo berhasil rebound setelah dominasinya sebagai langganan juara di sejumlah survei sempat direbut Ganjar Pranowo pada kurun Oktober 2022-Januari 2023.

Litbang Kompas melaksanakan survei periodik sepanjang Januari 2022 hingga Mei 2023. Kekinian, survei digelar dengan metode wawancara tatap muka sepanjang 29 April-10 Mei 2023. Survei ini melibatkan 1.200 responden dari 38 Provinsi di Indonesia.

Hasil survei terbaru tersebut menyebutkan elektabilitas Prabowo pada Mei 2023 juga melambung meninggalkan Ganjar dan Anies. Ia kokoh di urutan pertama dengan 24,5%, sementara Ganjar di angka 22,8% dan Anies dengan 13,6%.

Menang Lawan Ganjar atau Anies

Dalam survei Litbang Kompas, dibuat simulasi Prabowo head to head dengan Ganjar Pranowo atau dengan Anies Baswedan. Hasilnya, baik lawan Ganjar atau Anies, Prabowo berhasil menang.

Berdasarkan hasil survei itu, sebanyak 62% masyarakat menginginkan Prabowo menjadi presiden ketimbang Anies yang hanya mendapat 38% suara.

Prabowo juga menang saat melawan Ganjar dengan dukungan masyarakat sebanyak 51,1% dibandingkan Ganjar yang hanya memperoleh 48,9% suara.

“Hal ini dapat mengindikasikan dominasi Prabowo. Dengan proporsi yang sekarang diraihnya, Prabowo mampu membalikkan posisi yang pernah diraihnya. Dominasi Prabowo sempat direbut Ganjar pada Oktober 2022 hingga Januari 2023,” tulis Litbang Kompas dalam surveinya yang tayang di Harian Kompas seperti dilansir RCTI+, jaringan BantenHits.com.

Pada periode survei sebelumnya di Juni 2022, Prabowo juga menang bila melawan Ganjar dan Anies. Ia unggul dengan perolehan suara lebih dari 50% dibandingkan Ganjar dan Anies yang mendapat sekitar 40% suara.

Pada Januari 2022 pun Prabowo mendapat suara sebanyak 52,2% dan meninggalkan Ganjar yang meraup 47,8% dukungan. Sementara bila berhadapan dengan Anies, Ketua Umum Partai Gerindra itu mendulang 61,1% suara dan jauh meninggalkan Anies yang berkutat di angka 38,9%.

Sumber: RCTI+

 

Terpopuler

Share post:

spot_img

Berita Lainnya
Related

Krisis Uyghur, Pemerintah Tiongkok Diduga Kuat Sembunyikan Kebenaran dan Mempersulit Pemantauan Internasional

Berita Banten - Pemerintah Tiongkok diduga kuat menyembunyikan kebenaran...

Yuk, Belanja di Pasar Raya Plaza Shinta! Semua Kebutuhan Harian Lengkap Tersedia

Berita Tangerang - Bagi Anda yang ingin bernostalgia dengan...

Interior Bagian Pintu Kijang Innova Dimodifikasi untuk Simpan 30 Kilogram Sabu dari Pekan Baru

Berita Cilegon - Interior bagian pintu Kijang Innova dimodifikasi...