Ada Request Khusus Bima Arya ke Helldy Agustian, Seni Budaya Kota Cilegon Tampil di Hari Jadi Bogor ke-541

Date:

Khazanah seni budaya Kota Cilegon melalui Cilegon Etnik Carnival (CEC) dan seni tradisional bisa ditampilkan pada Gelaran Budaya Hari Jadi Bogor ke-541, Minggu, 4 Juni 2023. (FOTO: Dok. Dinas Kominfo Kota Cilegon)

Berita Cilegon – Momen peringatan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-541 yang dilangsungkan di Balai Kota Bogor hingga Jalan Jenderal Sudirman, Kota Bogor, Jawa Barat, pada Minggu, 4 Juni 2023 menyisakan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Kota Cilegon.

Pasalnya, pada momen spesial bagi warga Kota Bogor itu, seni budaya Kota Cilegon bisa ditampilkan pada Gelaran Budaya Hari Jadi Bogor melalui Cilegon Etnik Carnival (CEC) dan seni tradisional.

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengaku bangga seni budaya di wilayahnya bisa tampil dalam momen itu. Dia mengungkapkan, Wali Kota Bogor, Bima Arya memang mengundang khusus Kota Cilegon untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Bogor ke-541 itu.

Berdasarkan laman resmi Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Peringatan HJB ke-541 bertema Rumawat Pusaka Kota itu diramaikan dengan berbagai acara selama dua hari, Sabtu-Minggu, 3-4 Juni 2023.

Hari pertama digelar Rapat Paripurna Istimewa di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor, mengunjungi warga yang berulang tahun ke-17, peluncuran Maskot Kota Bogor dan gala dinner di Balai Kota. Hari kedua digelar Helaran Budaya dari Balai Kota hingga jalan Jenderal Sudirman dengan melibatkan 10 komunitas.

Kegiatan disaksikan langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno; Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil; Wali Kota Bogor, Bima Arya; dan Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian.

“Suatu kebanggaan bagi saya selaku Walikota Cilegon di undang (Pada peringatan HJB-red), karena dihadiri juga Pak Menparekraf (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreative, Sandiaga Salahudin Uno-red), Pak Gubernur Jawa Barat (Ridwan Kamil-red), Duta Besar Prancis (Fabien Penone-red) dan Walikota Kisarazu (Mr Yoshikuni Watanabe-red),” kata Wali Kota Cilegon Helldy Agustian sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon, Minggu 4 Juni 2023.

Dalam hal ini, Helldy mengaku sangat berkesan terlebih Kota Cilegon diberikan kesempatan untuk menampilkan tarian khas Kota Cilegon dan Cilegon Etnik Carnival.

“Suatu kebanggaan bagi Kota Cilegon dapat promosi dihadapan semua masyarakat Bogor. Yang menari juga pada senang,” ungkapnya.

Senada dikatakan, Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Cilegon Nelli Evalinda yang menerangkan bahwa kehadiran CEC dan seni tari khas Kota Cilegon pada event HJB ke-541 itu merupakan undangan langsung Wali Kota Bogor Bima Arya.

“Ini permintaan Pak Wali Kota Bogor (Bima Arya-red) langsung ke Pak Wali (Helldy Agustian-red),” kata Nelli.

Pada event Helaran Budaya HJB itu, Nelli mengaku, pihaknya menampilkan 6 kostum multi ethnik yang menggambarkan kemajemukan Kota Cilegon sebagai Kota Industri diantaranya kostum garuda Bhineka Tunggal Ika, kostum golok Cilegon, kostum batik motif lesung, kostum minangakabau, kostum minahasa dan kostum tionghoa. CEC dan tarian tradisional yang dipersembahkan itu merupakan kolaborasi Disporapar dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Cilegon.
“Cilegon juga menampilkan tarian khas Kota Cilegon didepan panggung utama yang disaksikan langsung oleh Pak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreative (Sandiaga Salahudin Uno-red), Pak Gubernur Jawa Barat (Ridwan Kamil-red), Pak Wali Kota Bogor (Bima Arya-red), termasuk dan Pak wali kota kita (Wali Kota Cilegon Helldy Agustian-red),” akunya.

Sementara itu, Kepala Dindikbud yang juga Plt Kepala Disporapar Kota Cilegon Heni Anita Susila mengatakan, pertunjukkan seni dan budaya pada momentum HUT kota Bogor merupakan trobosan cukup baik bagi promosi seni dan budaya khas Kota Cilegon.

“Semoga seni dan budaya tradisional Cilegon dapat terus berkembang dan maju, sehingga jadi kebanggaan masyarakat Kota Cilegon,” katanya. (ADV)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Imbauan KASN untuk Tim Sukses Sekda Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sachrudin Yakin Si Bayi Ajaib Akan Kembali ke Masa Kejayaannya

Berita Tangerang - Kerinduan warga Kota Tangerang kepada Persikota...