Berkat Digitalisasi Desa yang Digaungkan DPMD, Warga Kabupaten Serang Bisa Dapatkan Pelayanan Desa lewat Smartphone

Date:

Berkat program Desa Digital yang digaungkan DPMD Kabupaten Serang, Warga Kabupaten Serang kini bisa mendapatkan pelayanan desa lewat smartphone. FOTO ILUSTRASI: riaubok.com.

Berita Serang – Warga Kabupaten Serang kini bisa mendapatkan pelayanan desa lewat smartphone berkat program Digitalisasi Desa yang dilakukan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang.

Pelayanan desa lewat smartphone, untuk saat ini bisa dilakukan di 47 desa di Kabupaten Serang yang sudah menerapkan layanan berbasis digital. DPMD Kabupaten Serang menargetkan, 326 desa di Kabupaten Serang seluruhnya bisa menerapkan layanan desa berbasis digital.

Menurut Kepala DPMD Kabupaten Serang, Haryadi, program digitalisasi desa dicanangkan jajarannya untuk mendorong kemajuan desa. Saat ini, dari total 326 desa di Kabupaten Serang, baru 151 desa yang memiliki website desa dan terpasang WiFi. Sedangkan yang aktif menerapkan pelayanan berbasis digital ada 47 desa.

“Digitalisasi desa memiliki manfaat yang sangat besar baik bagi aparat desa maupun masyarakat. Pelayanan surat menyurat tidak perlu lagi datang ke Kantor Desa, cukup dilakukan dari rumah melalui smartphone,” kata Haryadi melalui keterangan resmi.

“Jadi memudahkan kinerja aparat desa dan lebih efisien,” sambungnya.

Haryadi mengatakan, selain memberikan pelayanan desa, program desa digital juga menghimpun data-data tentang potensi desa seperti UMKM, keorganisasian di desa, wisata, dan data penting lainnya yang tersimpan dengan aman.

“Jadi kalau ada musibah banjir atau kebakaran data-data penting itu tidak hilang,” ujarnya.

Pada 2023 ini, DPMD Kabupaten Serang juga merekomendasikan 50 desa untuk mengikuti program desa cerdas yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa (Kemendes) RI.

Desa Cerdas merupakan program yang berkaitan dengan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat berbasis data mikro dan pelayanan kepada masyarakat serta pihak lain berbasis digital.

Ada enam prinsip Desa Cerdas yaitu bottom up, partisipatif, inklusif, inovatif, kolaboratif, dan berkelanjutan. Program ini juga mengandung komponen penting Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan (P3PD) yakni mendorong pembangunan desa yang partisipatif.

“Didukung dengan potensi lokal setiap desa, program Desa Cerdas diharap bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutupnya. (ADV)

Terpopuler

Share post:

spot_img

Berita Lainnya
Related

Krisis Uyghur, Pemerintah Tiongkok Diduga Kuat Sembunyikan Kebenaran dan Mempersulit Pemantauan Internasional

Berita Banten - Pemerintah Tiongkok diduga kuat menyembunyikan kebenaran...

Yuk, Belanja di Pasar Raya Plaza Shinta! Semua Kebutuhan Harian Lengkap Tersedia

Berita Tangerang - Bagi Anda yang ingin bernostalgia dengan...

Interior Bagian Pintu Kijang Innova Dimodifikasi untuk Simpan 30 Kilogram Sabu dari Pekan Baru

Berita Cilegon - Interior bagian pintu Kijang Innova dimodifikasi...