Satu-satunya di Indonesia, Begini Cara Kapal Neon Moon II Sumbangan Coldplay Tangani Sampah Sungai Cisadane

Date:

Ahmed Zaki Iskandar dan rombongan The Ocean Cleanup di atas Kapal Neon Moon II. (DOK. Humas Pemkab Tangerang)

Berita Tangerang – Neon Moon II, kapal canggih jenis interceptor yang merupakan hibah hasil kerjasama grup band asal Inggris, Coldplay dengan The Ocean Cleanup saat ini sudah ditempatkan di Sungai Cisadane, persisnya di Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang.

Mantan Bupati Tangerang dua periode, Ahmed Zaki Iskandar mengungkapkan, kapal yang biaya pembuatannya mencapai USD 777.000 ini menjadi satu-satunya interceptor yang beroperasi di Indonesia. Perakitan kapal ini dilakukan di Dok Koja Bahari dalam waktu hanya 12 hari.

Pria yang populer disapa Bang Zaki ini diketahui terlibat aktif dalam proses hibah Kapal Neon Moon II. Dia berharap, hibah ini terealisasi dengan dukungan Kemenko Marves dan Kementerian PUPR.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Ocean Cleanup yang sudah bekerja keras membawa kapal interceptor. Terima kasih kepada Coldplay yang ikut membantu memberikan sponsorship kepada interceptor ini,” kata Zaki dikutip BantenHits.com dari laman partaigolkar.com.

“Kapal interceptor yang kita proses hampir 2 tahun lalu sudah bisa kita lihat, terpasang serta beroperasi dengan baik,” sambungnya.

Zaki berharap, keberadaan kapal ini, diharapkan dapat mengatasi permasalahan sampah di Sungai Cisadane yang mencapai 130 ton per hari.

“Ini juga harus jadi ide, agar bisa bikin kapal serupa, sehingga ada transfer teknologinya untuk kelestarian lingkungan,” lanjutnya.

Kapal Interceptor Neon Moon II bertenaga surya dengan baterai lithium ini akan mencegah sampah plastik mencapai laut.

“Teknologi ini diharapkan menjadi contoh untuk menyelesaikan permasalahan sampah di bantaran sungai secara lebih luas,” terangnya.

Latih SDM

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang Fachrul Rozi mengatakan saat ini sedang memberikan training kepada 12 orang untuk dapat mengoperasikan kapal penyedot sampah Neon Moon II.

Menurut Fachrul Rozi, Kapal Neon Moon II diharapkan nantinya akhir Januari 2024 bisa dioperasikan secara penuh.

“Saat ini kita sudah menyiapkan 12 orang tenaga pekerja untuk ditraining pengoperasiannya, dan Januari 2024 diharapkan kita operasikan secara menyeluruh,” jelas Fachrul Rozi  melalui laman resmi Pemkab Tangerang.

Dia menambahkan, setelah beroperasi nanti kapal sampah tersebut akan membersihkan sampah di Sungai Cisadane. Selanjutnya sampah yang didapat akan dibawa ke TPS, kemudian dipilah dan akan dimanfaatkan sebagai pupuk dan didaur ulang menjadi produk-produk yang dapat dipakai kembali oleh masyarakat.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

    View all posts

Terpopuler

Share post:

spot_img

Berita Lainnya
Related

Ini Kata Rano ‘Doel’ Karno saat Ditanya Pilih Maju Pilkada Banten atau Jakarta

Berita Pilkada - Anggota DPR-RI dari Partai PDIP yang juga...

Ketika Bupati Zaki Minta Sekda Maesyal Rasyid Cermat Gara-gara Temuan BPK Rp 153 M

Berita Tangerang - Gara-gara temuan BPK atau Badan Pemeriksa...

Program Bedah Rumah di Kota Tangerang Dilanjut, Target 2024 Ini 449 Unit

Berita Tangerang - Program Bedah Rumah di Kota Tangerang...