Sukses Tingkatkan Prestasi Siswa, Seluruh Kelas SD di Kabupaten Serang Telah Terapkan Kurikulum Merdeka

Date:

Dua SD Negeri di Kabupaten Serang yakni SDN Cikande Permai dan SDIT Bina Insan Kragilan sukses tembus seleksi ketat Olimpiade Sains Nasional tingkat Provinsi Banten. (FOTO: dindikbud.serangkab.go.id)

Berita Serang – Tiga tahun pasca-penerapan kurikulum merdeka, peningkatan prestasi siswa Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Serang sudah mulai terlihat. Di Kabupaten Serang sendiri seluruh kelas mulai kelas I-VI SD seluruhnya telah menerapkan kurikulum merdeka.

Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan atau Dindikbud Kabupaten Serang, Janjusi mengatakan, pihaknya saat ini terus mengoptimalkan penerapan kurikulum merdeka di sekolah.

Seperti diketahui, kurikulum merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

“Di tahun ketiga penerapan kurikulum merdeka ini, semua kelas sudah mengimplementasikannya secara mandiri, mulai dari siswa kelas I – VI,” kata Janjusi kepada wartawan di Kabupaten Serang belum lama ini.

Peningkatan prestasi siswa pasca-penerapan kurikulum merdeka, lanjutnya, terjadi karena seluruh SD di Kabupaten Serang setiap tahunnya melakukan perlombaan Sekolah Ramah Anak, Sekolah Sehat, dan Sekolah Adiwiyata yang bekerja sama dengan instansi terkait seperti Dinas Kesehatan dan Dinas Lingkungan Hidup.

“Tahun 2023 juara 1 diraih oleh SDN Cikande 1, jadi semuanya ikut termotivasi untuk mewujudkannya sekolah sehat dan aman ini,” tuturnya.

“Dari semua upaya itu, semua akan bermuara pada peningkatan prestasi siswa yang terus didorong ke kancah nasional, terutama pengembangan minat dan bakat di bidang mata pelajaran Matematika dan IPA (MIPA),” lanjutnya.

Menurut Janjusi, upaya untuk terus mewujudkan prestasi siswa ini, dilakukan dengan adanya pelatihan MIPA bekerja sama dengan tenaga profesional, mitra terkait, yang nantinya akan diikutsertakan pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN).

Upaya tersebut telah membuahkan hasil, Pada 2023 ada dua siswa dari SD Cikande Permai dan SDIT Bina Insani masuk 5 besar tingkat Provinsi Banten dan Nasional di ajang OSN. (ADV)

Author

Terpopuler

Share post:

spot_img

Berita Lainnya
Related

Cerita di Kali Pondok Jaya Sepatan Sebelum  Dua Bocah Laki-laki Tewas Tenggelam

Berita Tangerang - Dua bocah laki-laki ditemukan tewas tenggelam...

Korban Pemagaran PT Bina Cipta Kehilangan Penghasilan

https://youtu.be/trecH-c8af4?si=NloiappR7bzTXINJ Berita Tangerang - Puluhan warga Kampung Ciatuy, RT 04,...