Dibedah di Hadapan Akademisi Untirta, Ini Penjelasan Kabupaten Serang Maju yang Jadi Visi Andika

Date:

Bakal Calon Bupati Serang, Andika Hazrumy saat menyampaikan visi-misi di hadapan civitas akademisi FISIP Untirta Serang, Selasa, 21 Mei 2024. (FOTO: Istimewa)

Berita Serang – Kabupaten Serang Maju diusung jadi visi bakal calon bupati Serang 2024-2029 dari Partai Golkar, Andika Hazrumy.

Di hadapan civitas akademika Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa atau Untirta, Andika menyebut ‘Maju’ adalah akronim dari mandiri, agamis, jawara dan unggul.

“Visi saya sebagai bakal calon Bupati Serang ingin mewujudkan Kabupaten Serang Maju sebagai akronim dari mandiri, agamis, jawara dan unggul,” kata Andika saat menyampaikan visi-misi di Gedung FISIP Untirta Desa Sindangsari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Selasa 21 Mei 2024.

Pemaparan visi-misi Andika tersebut dihadiri langsung Dekan FISIP Untirta Serang, Leo Agustino.

Penataan Permukiman dan Tata Kelola Pemerintahan

Menurut Andika, misinya adalah meningkatkan kualitas SDM pendidik dan tenaga kependidikan serta kapasitas manajemen pelayanan pendidikan.

Berikutnya, meningkatkan pelayanan kesehatan yang bermutu, merata dan terjangkau yang didukung oleh tenaga kesehatan yang profesional.

Selanjutnya, meningkatkan pembangunan sarana prasarana wilayah, penataan ruang dan permukiman yang memadai dan berkualitas. Serta, meningkatkan kemandirian dan daya saing ekonomi masyarakat, untuk optimalisasi penyerapan tenaga kerja dan penanggulangan kemiskinan

Terakhir, meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik serta pelayanan publik yang prima didukung Kapasitas Birokrasi tang berintegritas, kompeten dan profesional. Serta, memantapkan fungsi dan peran agama sebagai landasan moral dan spiritual dalam kehidupan individu, bermasyarakat dan bernegara.

Keberlanjutan Pembangunan

Dalam sesi tanya jawab, Andika memaparkan secara umum program kerja yang akan dia kerjakan jika menjabat Bupati Serang mendatang adalah menjaga keberlanjutan pembangunan di Kabupaten Serang.

“Dasar-dasarnya yang sekarang sudah diletakkan Ibu Bupati Ratu Tatu Chasanah (Ketua DPD Golkar Banten) jangan sampai berubah sehingga harus mulai dari nol lagi,” paparnya.

Andika mencontohkan di bidang infrastruktur, saat ini jalan kabupaten di 29 kecamatan yang ada di Kabupaten Serang sudah dibetonisasi. Sehingga menurut dia yang harus dilakukan selanjutnya adalah meningkatkan status jalan poros desa menjadi jalan kabupaten agar bisa diperbaiki kondisinya.

“PR (pekerjaan rumah) tinggal jalan poros desa. Itu nanti akan kita tingkatkan menjadi jalan kabupaten agar bisa kita perbaiki,” katanya.

Di bidang pendidikan, Andika menyebut program beasiswa yang sudah dilakukan Bupati Tatu akan dipertahankan dan juga diperluas.

“Misal untuk tenaga kesehatan, itu nanti akan diperbanyak beasiswa agar mereka kemudian ikatan dinas dengan kita untuk mengisi kekosongan tenaga kesehatan di daerah terpencil,” imbuhnya.

Lebih jauh Andika menyebut menginginkan terjadinya 100 persen pendidikan gratis di tingkat pendidikan dasar sehingga warga Kabupaten Serang dapat bersekolah hingga tingkat SLTP sesuai kewenangan pemerintah kabupaten secara gratis.

Selanjutnya Andika juga mengaku menggagas pengelolaan sampah yang komprehensif sehingga persoalan sampah di Kabupaten Serang dapat diselesaikan secara tuntas. Andika menyebut hal itu di antaranya akan dilakukan dirinya dengan membuat tempat-tempat penampungan sampah sementara di setiap kecamatan.

“Sehingga beban tempat pembuangan sampah akhir menjadi jauh lebih ringan yang pada akhirnya persoalan sampah akan teratasi,” kata mantan Wakil Gubernur Banten itu.

Andika juga menyebut memiliki perhatian terhadap penyediaan air bersih di mana pada masa-masa tertentu seperti kemarau kerap menjadi persoalan.

“Masalah ketersediaan air bersih ini Insya Allah menjadi concern saya jika menjabat bupati nanti,” pungkasnya

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

    View all posts

Terpopuler

Share post:

spot_img

Berita Lainnya
Related

Ketika Bupati Zaki Minta Sekda Maesyal Rasyid Cermat Gara-gara Temuan BPK Rp 153 M

Berita Tangerang - Gara-gara temuan BPK atau Badan Pemeriksa...

Program Bedah Rumah di Kota Tangerang Dilanjut, Target 2024 Ini 449 Unit

Berita Tangerang - Program Bedah Rumah di Kota Tangerang...