Dua Politisi Perempuan Ini Sebut Koalisi Indonesia Maju Berpeluang Tetap Bersama di Pilkada Banten, Emang Bisa?

Date:

Dua politisi perempuan di Banten, Airin Rachmi Diany dan Iti Octavia Jayabaya terlihat akrab berfoto bersama. Keduanya menyebut Koalisi Indonesia Maju berpeluang tetap bersama di Pilkada Banten 2024. (Foto: istimewa)

Berita Banten – Dua politisi perempuan di Banten, Airin Rachmi Diany dan Iti Octavia Jayabaya bicara peluang Koalisi Indonesia Maju (KIM) tetap bersama pada Pilkada Banten 2024.

Pada Pilpres 2024, Airin merupakan Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Banten. Saat ini Airin merupakan cagub Banten yang sudah diusung Partai Golkar. Airin juga menjabat Ketua Pimpinan Pusat (PP) Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG).

Sementara Iti Octavia Jayabaya merupakan mantan bupati Lebak dua periode yang saat ini menjabat Ketua DPD Partai Demokrat Banten.

Dibahas Pimpinan Parpol Tingkat Pusat

Airin mengatakan, pembahasan mengenai koalisi di tingkat Pilkada saat ini tengah dibahas oleh para pimpinan partai politik tingkat pusat yang tergabung di KIM.

Bahkan Airin mengaku sebagai Ketua PP KPPG kerap kali mendampingi Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dalam proses pembahasan koalisi pilkada bersama sejumlah unsur parpol yang tergabung dalam KIM.

“Ada kebijakan di dewan pimpinan pusat masing-masing Koalisi Indonesia Maju, kemarin saya diskusi mendapingi ketum (Airlangga Hartarto) di beberapa kegiatan bahwa menjadi prioritas koalisi dengan KIM,” kata Airin kepada para wartawan saat mendaftar di penjaringan calon kepala daerah DPD Partai Demokrat Banten, Rabu, 22 Mei 2024.

Menurut Airin, saat ini dinamika pilkada serentak, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota masih dinamis dan cair. Artinya segala kemungkinan bisa terjadi, tetapi dalam proses koalisi, KIM sangat prioritas terus berlanjut hingga ke tingkat pilkada.

“Pusat sudah komunikasi, Ketum Pak Airlangga dengan KIM, baik Gerindra, Demokrat, PAN dan lainnya, sedikit banyak diskusi hal tersebut (koalisi di pilkada). Sepertinya di pusat juga banyak ada yang dikomunikasikan,” kata mantan wali kota Tangsel ini.

Namun Airin menyatakan, komunikasi di tingkat daerah tetap dilakukan untuk menjalin penguatan silaturahmi koalisi. Ia mengaku, komunikasi dilakukan oleh dirinya dibantu oleh DPD Partai Golkar Provinsi Banten.

Untuk menentukan calon wakil gubernur (cawagub), Airin mengaku belum dibahas di internal KIM.

“Doakan saya, doakan yang terbaik,” ujar Airin.

Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Banten Iti Octavia Jayabaya membenarkan KIM masih bisa bersatu di Pilkada Banten. Namun semua tidak terkunci, masih bisa juga koalisi dilakukan dengan partai politik lain, sepanjang punya kesamaan dalam membangun Banten ke depan.

Perihal siapa calon gubernur dan wakil gubernur yang akan dipasangkan, Iti juga belum bisa mengungkap.

“Kita harus mencari orang yang bisa jalan bareng-bareng seperti rumah tangga kan, karena koalisi ini akan berlangsung lima atau 10 tahun ke depan. Jadi harus ketemu dengan yang saling melengkapi,” ujarnya.

Sejauh ini, sejumlah hasil survei menunjukkan, kandidat paling kuat untuk calon Gubernur Banten yang berkisar pada beberapa nama seperti Airin Rachmi Diany dan Arief R. Wismansyah, mantan wali kota Tangerang dua periode yang juga kader Partai Demokrat.

Arief belakangan ini telah mengikuti penjaringan kepala daerah di sejumlah partai politik. Bahkan dia juga menyatakan sudah menjalin komunikasi dengan sejumlah kandidat lain.

Selain nama Airin dan Arief, pada bursa Pilkada Banten 2024 ini ada juga nama-nama lama seperti Rano Karno, Wahidin Halim dan Dimyati Natakusuma.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

    View all posts

Terpopuler

Share post:

spot_img

Berita Lainnya
Related

Ini Kata Rano ‘Doel’ Karno saat Ditanya Pilih Maju Pilkada Banten atau Jakarta

Berita Pilkada - Anggota DPR-RI dari Partai PDIP yang juga...

Ketika Bupati Zaki Minta Sekda Maesyal Rasyid Cermat Gara-gara Temuan BPK Rp 153 M

Berita Tangerang - Gara-gara temuan BPK atau Badan Pemeriksa...

Program Bedah Rumah di Kota Tangerang Dilanjut, Target 2024 Ini 449 Unit

Berita Tangerang - Program Bedah Rumah di Kota Tangerang...