Jumlah Jemaah Haji Asal Banten Terbesar Keempat di Indonesia, Tanda Warga Banten Sudah Sejahtera?

Date:

FOTO ILUSTRASI: Pelepasan jemaah haji asal Kota Tangerang.

Berita Banten – Jumlah jemaah haji asal Banten pada 2024 ini merupakan yang terbesar keempat di Indonesia. Peningkatan jumlah jemaah haji merupakan bukti pemerintah hadir, terutama dalam mengupayakan jumlah kuota haji melalui diplomasi dengan Pemerintah Arab Saudi.

Diketahui pada 2024 ini, total jemaah haji dari Provinsi Banten yang berangkat ke Tanah Suci menjadi 10.316 jemaah. Mereka dibagi menjadi 27 Kelompok Terbang (Keloter).

“Pemerintah hadir, terus mengikhtiarkan hubungan dunia khususnya Arab Saudi untuk meningkatkan kuota jamaah haji. Untuk mempermudah masyarakat melaksanakan ibadah haji,” kata Pj Gubernur Banten, Al Muktabar saat melepas Jemaah haji Kelompok Terbang (Kloter) 58 dan 61 Kabupaten Serang di Pendopo Kabupaten Serang, Rabu, 5 Juni 2024 seperti dilansir laman resmi Pemprov Banten.

Lantas, apakah meningkatnya jumlah jemaah haji asal Banten tersebut merupakan salah satu indikator warga Banten sudah semakin sejahtera?

Al Muktabar mengamini pertanyaan itu. Menurutnya, meningkatnya jumlah jemaah haji asal Banten mencerminkan kebahagiaan, kesejahteraan dan tingkat ekonomi warga Banten yang makin baik.

“Terlihat dari pergeseran-pergeseran kuota haji dari Provinsi yang tidak menggunakannya, Provinsi Banten memintakan untuk dilimpahkan ke Provinsi Banten,” ucapnya.

“Karena Provinsi Banten setiap saat siap mengisi kekosongan kuota yang tidak digunakan. Ini bisa mencerminkan kebahagiaan, kesejahteraan, serta tingkat ekonomi yang baik. Kesiapan jamaah haji kita memang benar-benar siap. Setiap saat mereka siap berangkat,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, calon jemah haji Provinsi Banten yang berangkat tahun 2024 ini mendapatkan penambahan kuota haji dari daerah Lain yang belum menyerap penuh kuota haji yang diberikan Pemerintah Pusat ke masing-masing Provinsi.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Banten, Nanang Fatchurohman saat melepas keberangkatan calon jemaah haji Provinsi Banten Kloter 7 JKG Kabupaten Tangerang Tahun 1445 H/2024 di Aula Masjid Agung Al Amjad, Jalan H. Soemawinata, No 3, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Senin, 13 Mei 2024.

“Sebelumnya kuota jamaah haji Provinsi Banten sebanyak 9.903 jamaah haji. Banten mendapat limpahan dari Provinsi DKI Jakarta dan Lampung sehingga total jamaah haji dari Provinsi Banten yang berangkat tahun ini menjadi 10.316 jamaah yang dibagi menjadi 27 Kelompok Terbang (Keloter),” ungkap Nanang.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

    View all posts

Terpopuler

Share post:

spot_img

Berita Lainnya
Related

Program Bedah Rumah di Kota Tangerang Dilanjut, Target 2024 Ini 449 Unit

Berita Tangerang - Program Bedah Rumah di Kota Tangerang...

40 Pasangan di Pakuhaji Ikuti Isbat Nikah Massal yang Digelar MUI

Berita Tangerang - Sebanyak 40 pasangan di Kecamatan Pakuhaji...