Antisipasi Penyelewengan, DPMD Kabupaten Serang Terus Kembangkan SDM Pemerintah Desa

Date:

Antisipasi penyelewengan, DPMD Kabupaten Serang terus kembangkan SDM Pemerintah Desa. ILUSTRASI: Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah saat Melantik 144 Kepala Desa yang Terpilih Dalam Pilkades. (Istimewa)

Berita Serang – Pengembangan sumber daya manusia atau SDM di pemerintahan desa menjadin kunci sukses mewujudkan pemerintahan desa yang efektif tanpa ada penyelewengan.

Karenanya, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa atau DPMD Kabupaten Serang terus berupaya untuk mewujudkan hal itu. Salah satunya dengan melakukan pengembangan terhadap sumber daya manusia (SDM) di lingkungan pemerintahan desa.

“(Pengembangan SDM di desa penting) sebagaimana diketahui, desa merupakan ujung tombak pelayanan terhadap masyarakat,” kata Kepala DPMD Kabupaten Serang, Haryadi.

Untuk mewujudkan pemerintahan desa yang efektif, lanjutnya, ada beberapa program yang telah dilaksanakan DPMD Kabupaten Serang pada 2024 ini.

“Salah satunya dengan melakukan pembinaan terhadap kepala desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD),” ungkap Haryadi.

Haryadi mengungkapkan, pelaksanaan pembinaan kepada perangkat desa di Kabupaten Serang telah dilakukan jajarannya pasca-Idul Fitri 1445 H lalu, persisnya April hingga Mei 2024.

“Tapi Bimteknya (dibuat) terpisah antara kades dan BPD,” ujarnya.

Menurut Haryadi, Bimtek dilakukan supaya mereka mengetahui peran dan fungsinya dalam pelaksanaan roda pemerintahan di desa. Sehingga mereka mengetahui kewenangan dan batasan-batasan jabatannya.

“Bimtek ini dalam rangka meningkatkan kapasitas Kepala Desa dan Ketua BPD. Bimtek ini bertujuan untuk memaksimalkan anggaran, serta meminimalisasi penyalahgunaan anggaran tersebut,” jelasnya.

“Selain itu, juga untuk memberikan pemahaman mendalam terkait tugas dan fungsi kepala desa dan Ketua BPD yang harus mampu saling bersinergi, baik dalam menjalankan program maupun dari sisi pengawasan,” pungkasnya.(ADV)

 

Author

Terpopuler

Share post:

spot_img

Berita Lainnya
Related

Ini Kata Rano ‘Doel’ Karno saat Ditanya Pilih Maju Pilkada Banten atau Jakarta

Berita Pilkada - Anggota DPR-RI dari Partai PDIP yang juga...

Ketika Bupati Zaki Minta Sekda Maesyal Rasyid Cermat Gara-gara Temuan BPK Rp 153 M

Berita Tangerang - Gara-gara temuan BPK atau Badan Pemeriksa...

Program Bedah Rumah di Kota Tangerang Dilanjut, Target 2024 Ini 449 Unit

Berita Tangerang - Program Bedah Rumah di Kota Tangerang...