Ratusan Massa Desak Kejari Tuntaskan Dugaan Korupsi Pengadaan Lahan RSUD Tigaraksa

Date:

Massa demo di Kejari Tigaraksa desak tuntaskan dugaan korupsi pengadaan lahan RSUD Tigaraksa. (Dok.BantenHits.com)

Berita Tangerang – Ratusan massa berunjuk rasa di depan kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Tigaraksa, Rabu, 12 Juni 2024. Massa mendesak Kejari Tigaraksa menuntaskan kasus dugaan korupsi pengadaan lahan RSUD Tigaraksa yang sudah hampir satu tahun ditangani Kejari.

Pantauan BantenHits.com, massa bergerak menuju Kantor Kejari Tigaraksa dengan berkonvoi menggunakana sepeda motor mengikuti mobil komando yang berada di depannya.

“Buat barisan tiga berbanjar. Sekali lagi pastikan bentuk barisan tiga berbanjar. Sampai ujung. Tidak ada masa yang keluar dari batas pita,” kata seseorang di atas mobil komando mengatur barisan peserta aksi saat akan tiba di depan Kantor Kejari Tigaraksa.

Setibanya di depan Kantor Kejari Tigaraksa, massa aksi langsung berbaris di depan gerbang sambil membentangkan spanduk.

“Penanganan kasus tersebut dianggap berlarut-larut dan bepotensi adanya penghilangan barang bukti oleh terduga pelaku sehingga dapat mempersulit penyidik untuk melakukan penyidikan,” kata Koordinator Lapangan Asmudyanto dalam orasinya.

Pasalnya, lanjut Asmudyanto, menurut informasi yang beredar, telah terjadi pengembalian uang sebesar Rp32 miliar terkait kerugian negara dalam kasus ini.

Massa aksi meyakini bahwa pengembalian uang tersebut bukan untuk menghapuskan unsur pidana, melainkan memperkuat bukti dan meyakinkan penyidik untuk segera menangkap para pelaku korupsi.

Menanggapi aksi unjuk rasa ini, pihak kejaksaan menyampaikan bahwa kasus ini masih dalam proses penyidikan dan belum menemukan adanya unsur kerugian negara.

Meskipun demikian, massa aksi tetap tidak puas dengan jawaban tersebut. Mereka memberikan ultimatum kepada Kejari untuk segera menyelesaikan kasus ini. Jika dalam waktu yang ditentukan tidak ada perkembangan yang signifikan, mereka mengancam akan menggelar aksi yang lebih besar.

Hampir Setahun Ditangani

Kajari Tigaraksa Ricky Tomy. (Dok.BantenHits.com)

Kasus dugaan korupsi pengadaan lahan RSUD Tigaraksa hampir satu tahun sudah ditangani Kejari Tigaraksa. Beberapa waktu lalu, Kajari Tigaraksa, Ricky Tomy memastikan kasus tersebut masih ditangani jajarannya.

“RSUD tetap berjalan hari ini saya perintahkan Kasi Pidsus untuk melakukan pendalaman. Ada dugaan. Informasi. Bahwa ada pengembalian ke kas daerah. Tapi ini sifatnya baru informasi,” kata Ricky kepada wartawan seusai pemusnahan barang bukti di Kejari Tigaraksa, 22 Mei 2024 lalu.

RSUD Tigaraksa dibangun di atas lahan sekitar 4,9 hektar. Untuk pengadaan lahan tersebut, Pemkab Tangerang harus mengeluarkan uang APBD sebesar RP 55 miliar.

Kejaksaan mengendus adanya dugaan korupsi pada proses pengadaan lahan tersebut setelah kasusnya dilaporkan kelompok masyarakat.

Sejumlah pihak telah diperiksa penyidik seperti BPN, pemilik lahan, panitia pengadaan lahan, Dinas Perumahan Pemukiman dan Pemakaman Kabupaten Tangerang, serta sejumlah pihak lainnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

    View all posts

Terpopuler

Share post:

spot_img

Berita Lainnya
Related

Ketika Bupati Zaki Minta Sekda Maesyal Rasyid Cermat Gara-gara Temuan BPK Rp 153 M

Berita Tangerang - Gara-gara temuan BPK atau Badan Pemeriksa...

Sah! Fahri Pradana Jabat Ketua Gerakan Pemuda Islam Banten, Dedi Kurniadi Jadi Dewan Syura

Berita Tangerang - Aktivis mahasiswa Tangerang, Fahri Pradana resmi...

Prabowo Effect di Pilkada Banten 2024 Tembus 76 Persen Lebih, Siapa Diuntungkan?

Berita Pilkada - Mayoritas warga di Banten akan mempertimbangkan...

Uji Coba Makan Bergizi Gratis Digelar untuk 3.630 Siswa dari Enam Sekolah di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Uji coba makan bergizi gratis akan...