Berkat Desa Cantik 104 Kelurahan Cerdas Berbasis Data Bisa Terwujud di Kota Tangerang

Date:

Berkat penerapan Program Desa Cantik, 104 Kelurahan di Kota Tangerang kini menjelma menjadi kelurahan cerdas berbasis data. (FOTO: tangerangkota.go.id)

Berita Tangerang – 104 kelurahan yang ada di Kota Tangerang kini menjelma menjadi kelurahan cerdas berbasis data menyusul diterapkannya program Desa Cinta Statistik alias Desa Cantik di 104 kelurahan tersebut.

Pencanangan Desa Cantik di 104 Kelurahan di Kota Tangerang tersebut dilaunching di Ruang Al-Amanah Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Rabu, 12 Juni 2024.

Launching Desa Cantik di 104 kelurahan di Kota Tangerang dihadiri oleh Deputi Stastik BPS RI, Plh Kepala BPS Provinsi Banten, serta 104 Lurah se-Kota Tangerang.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin mengungkapkan, penerapan Desa Cantik di Kota Tangerang ini adalah dalam upaya mewujudkan ekosistem data yang terintegrasi dan valid di seluruh kelurahan di Kota Tangerang.

“Dengan data yang akurat dan valid, Kota Tangerang dapat melakukan perencanaan dan pembangunan yang lebih efektif dan efisien,” kata Nurdin melalui keterangan resmi.

Program Desa Cantik di 104 kelurahan ini, lanjutnya, akan memberdayakan kader statistik di setiap kelurahan untuk mengelola data dan berkontribusi dalam pengambilan keputusan di tingkat kelurahan dan kota.

“Data statistik bisa digunakan sebagai acuan atau solusi untuk membuat program dan kebijakan pembangunan yang tepat sasaran dan efektif, memantau kemajuan pembangunan dan memastikan bahwa program pembangunan berjalan sesuai dengan rencana,” ungkapnya.

Nurdin, juga berharap, program ini dapat meningkatkan literasi statistik di kalangan masyarakat.

“Masyarakat harus memahami, data statistik bukan hanya angka, tetapi juga informasi berharga yang dapat digunakan sebagai solusi untuk meningkatkan pembangunan di Kota Tangerang,” jelasnya.

Menurut Nurdin, Program Desa Cantik di 104 kelurahan diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk mewujudkan Kota Tangerang yang lebih maju.

“Harapan kita, data-data yang ada, bukan hanya sekadar angka-angka, tapi dapat berkontribusi maksimal dalam proses pengambilan keputusan di Kota Tangerang,” pungkasnya.

Sementara itu, Deputi Statistik Sosial BPS RI, Ateng Hartono, yang hadir dalam acara peluncuran ini, mengapresiasi Pemkot Tangerang atas program Desa Cantik di 104 Kelurahan Cinta Statistik.

“Pertama saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas peluncuran Kelurahan Cinta Statistik, karena yang sebelumnya hanya tiga kelurahan, kini menjadi 104 kelurahan, tentunya program ini merupakan langkah yang tepat untuk meningkatkan kualitas data di Indonesia,” tutup Ateng.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

    View all posts

Terpopuler

Share post:

spot_img

Berita Lainnya
Related

Ini Kata Rano ‘Doel’ Karno saat Ditanya Pilih Maju Pilkada Banten atau Jakarta

Berita Pilkada - Anggota DPR-RI dari Partai PDIP yang juga...

Ketika Bupati Zaki Minta Sekda Maesyal Rasyid Cermat Gara-gara Temuan BPK Rp 153 M

Berita Tangerang - Gara-gara temuan BPK atau Badan Pemeriksa...

Program Bedah Rumah di Kota Tangerang Dilanjut, Target 2024 Ini 449 Unit

Berita Tangerang - Program Bedah Rumah di Kota Tangerang...