Terobosan DPMD Kabupaten Serang, BUMDesma Didampingi STAN dan Diaudit KAP

Date:

DPMD Kabupaten Serang lakukan terobosan. Kini BUMDesma didampingi STAN dan diaudit Kantor Akuntan Publik (KAP). ILUSTRASI: Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Komandan Distrik Militer (Kodim) 0602/Serang Letkol Arm Fajar Catur Prasetyo serta Ketua DPRD Kabupaten Serang, Bahrul Ulum berfoto bersama para petani saat panen padi di Desa Laban, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Kamis, 16 Maret 2023.(Istimewa)

Berita Serang – Sebuah terobosan dilakukan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa atau DPMD Kabupaten Serang melalui pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma).

Kini, pengelolaan keuangan di BUMDesma diaudit oleh Kantor Akuntan Publik (KAP). BUMDesma yang diaudit tersebut merupakan hasil pendampingan dengan Sekolah Tinggi Administrasi Negara (STAN).

Kepala DPMD Kabupaten Serang, Haryadi mengungkapkan, terobosan yang dilakukan jajarannya tersebut adalah untuk mewujudkan BUMDesma yang kredibel dan berkapasitas.

Haryadi mengungkapkan, audit terhadap BUMDesma yang dilakukan KAP merupakan yang pertama kalinya dilakukan. Pasalnya, belum ada BUMDesma di daerah lain yang mengajukan audit di KAP secara mandiri.
Hal ini juga mendapat dukungan dari Kementerian Desa.

“DPMD Kabupaten Serang bertekad mewujudkan BUMDesma yang kredibel dan berkapasitas. Salah satunya dengan melakukan audit pengelolaan keuangan BUMDesma dengan melibatkan lembaga yang terpercaya,” kata Haryadi.

“Audit yang dilakukan KAP berlangsung selama 40 hari,” sambungnya.

Menurut Haryadi, berdasarkan data yang dimiliknya, dari 29 BUMDesma di Kabupaten Serang, tercatat ada 26 BUMDesma yang masih aktif. Dari jumlah tersebut, lima di antaranya mengajukan audit ke KAP.

“Kemudian yang melakukan pengajuan audit oleh KAP sebanyak 5 BUMDesma dari Kecamatan Padarincang, Ciomas, Ciruas, Bojonegara, dan Kramatwatu,” ungkapnya.

“Jika hasil audit menunjukkan tren yang bagus, maka ini bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat atau nasabah kepada BUMDesma,” lanjutnya.

Haryadi berharap, pada 2024 ini bakal semakin banyak BUMDesma lainya di Kabupaten Serang yang bisa mengajukan audit ke KAP. (ADV)

Author

Terpopuler

Share post:

spot_img

Berita Lainnya
Related

Ketika Bupati Zaki Minta Sekda Maesyal Rasyid Cermat Gara-gara Temuan BPK Rp 153 M

Berita Tangerang - Gara-gara temuan BPK atau Badan Pemeriksa...

Program Bedah Rumah di Kota Tangerang Dilanjut, Target 2024 Ini 449 Unit

Berita Tangerang - Program Bedah Rumah di Kota Tangerang...