Tingkatkan Partisipasi Pemilih pada Pilkada 2024, Ini Cara Kesbangpol Kota Tangerang Edukasi Ratusan Millenials

Date:

Kesbangpol Kota Tangerang memberikan edukasi bagi ratusan millenials di Kota Tangerang agar partisipasi pemilih pada Pilkada 2024 meningkat. (BantenHits.com/ Hendra Wibisana)

Berita Tangerang – Sebayak 500 anak muda alias millenials di Kota Tangerang yang terdiri dari kalangan pelajar tingkat SMA dan mahasiswa, mengikuti kegiatan Sosialisasi Partisipasi Pilkada terhadap Pemilih pemula yang di gelar oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tangerang, pada Jumat 14 Juni 2024.

Kegiatan yang diselenggarakan di Tangerang Convention Center (TCC) kota Tangerang, bertujuan untuk memberikan edukasi serta meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangerang pada 27 November 2024.

Dalam kegiatan tersebut  Kesbangpol Kota Tangerang juga menghadirkan para narasumber dari Kemenko PMK (Deputi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan dan Pemuda), Perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten, Komisioner KPU Kota Tangerang, serta influencer.

Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Tangerang, Teguh Supriyanto mengatakan, kegiatan digelar agar terbentuknya kesadaran  dari kalangan milenial akan pentingnya konstitusi politik.

“Diharapkan partisipasi politik masyarakat Kota Tangerang khususnya para pemilih pemula meningkat, dan mereka diharapkan dapat berperan aktif mengeluarkan aspirasi dan pendapatnya melalui wadah Pilkada, untuk masa depan Kota Tangerang yang lebih baik,” ujar Teguh.

Menurut teguh, Daftar Pemilih Tetap pada Pileg lalu berdasarkan data KPU Kota Tangerang sebanyak 1. 362.773. Sementara dari Data Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) meningkat menjadi 1.385.155,  yang di dalamnya terdapat sekitar 339.829 orang Generasi Z dan 512.571 Generasi Milenial.

“Tentunya ini menjadi kewajiban kami untuk mensosialisasikan kepada pemilih pemula ini pada saat pilkada nanti mereka sudah memilik hak pilih secara konstitusional” ungkapnya.

Pada Pilkada tahun 2019 lalu capaian partisipasi masyarakat dalam  pemilu itu mencapai 81,3 persen.

“Harapan kami tentunya ada peningkatan dari jumlah partisipasi. Ini menunjukan tingkat kesadaran demokrasi masyarakat semakin baik” ungkap Teguh.

Salah satu peserta dari kalangan mahasiswa Suci Dwi mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Kesbangpol Kota Tangerang sangat membantu dan menambah wawasan dalam penyelenggaraan pilkada  khususnya.bagi para pemilih pemula.

“Dengan adanya penyelenggaraan sosialisasi ini tentunya banyak manfaat dan pengetahuan bagi kami dari kalangan pemilih pemula dan bisa ikut serta dan berpartisipasi dengan menyalurkan hak suara kami,sebagai pemilih pemula” jelasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 

Author

Terpopuler

Share post:

spot_img

Berita Lainnya
Related

Ketika Bupati Zaki Minta Sekda Maesyal Rasyid Cermat Gara-gara Temuan BPK Rp 153 M

Berita Tangerang - Gara-gara temuan BPK atau Badan Pemeriksa...

Program Bedah Rumah di Kota Tangerang Dilanjut, Target 2024 Ini 449 Unit

Berita Tangerang - Program Bedah Rumah di Kota Tangerang...