Ketika Invitasi Olahraga Tradisional Tingkat Pelajar Se-Kabupaten Tangerang Membuat Andi Ony Girang

Date:

Pj Bupati Tangerang Andi Ony Prihartono saat mencoba permainan bola sundul yang merupakan permainan khas di Kabupaten Tangerang seusai membuka Invitasi Olahraga Tradisional tingkat pelajar di Kabupaten Tangerang, Sabtu, 15 Juni 2024.(FOTO: tangerangkab.go.id)

Berita Tangerang – Kegiatan invitasi olahraga tradisional tingkat SD/MI, SMP/MTS, SMA sederajat tingkat Kabupaten Tangerang yang digelar di Alun-alun Tigaraksa, Puspemkab Tangerang, Sabtu, 15 Juni 2024 benar-benar membuat Penjabat (Pj) Bupati Tangerang Andi Ony girang.

Orang nomor satu di Kabupaten Tangerang ini bahkan blak-blakan mengungkapkan rasa kagum dan bahagianya melihat peragaan berbagai olahraga tradisional dalam event itu.

“Sungguh merupakan kebahagiaan tersendiri bagi saya dapat hadir di sini. Kenapa saya katakan seperti itu, karena kegiatan olahraga tradisional ini biasanya setahun sekali saya lihat dan itu pun tidak lengkap biasanya pada saat 17 Agustus saja itu saja sisanya tidak ada,” kata Andi Ony dilansir laman resmi Pemkab Tangerang.

Invitasi Olahraga Tradisional Tingkat Pelajar Se-Kabupaten Tangerang ini, lanjutnya, diharapkan menjadi agenda tetap yang secara rutin dilaksanakan.

“Bukan hanya berolahraga, mengolah fisik tapi juga menjaga dan melestarikan budaya. Salah satunya olahraga tradisional bola sundul yang berasal dari Kabupaten Tangerang,” jelasnya

“Harusnya ini dijadikan sebagai suatu agenda rutin untuk kegiatan olahraga tradisional, tidak hanya untuk acara 17-an saja. Event ini harusnya terus dibudayakan dan menjadi sebuah kebiasaan di sekolah-sekolah kita,” sambungnya.

Andi Ony ingin, budaya kearifan lokal seperti olahraga tradisional harus terus dilestarikan dan dikembangkan sehingga bisa dinikmati semua kalangan.

Menurut Andi, event invitasi olahraga tradisional ini sebagai bentuk untuk menjaga dan memajukan olahraga tradisional karena bisa memperkenalkannya kepada masyarakat, khususnya kepada anak-anak agar olahraga tersebut tidak punah dan bisa tetap lestari sebagai kearifan lokal yang terus bisa dinikmati.

Pada kesempatan itu, Andi juga mengingatkan kesiapan menghadapi Indonesia Emas 2045,dimana syarat Indonesia Emas itu ada tiga hal, yaitu keutuhan luas wilayah, kekayaan sumber daya alam, dan sumber daya manusia yang tangguh dan kompeten.

“Di hadapan kita sudah ada sumber daya manusia dan sumber daya alam, sumber daya alam hayati dan non hayati, salah satu adalah kebudayaan. Ini harus terus dilestarikan dan dikembangkan,” tandasnya.

Usai pembukaan investasi olahraga tradisional, Andi Ony sempat mencoba permainan bola sundul yang merupakan permainan khas di Kabupaten Tangerang.

Andi Ony beserta rombongan juga melakukan peninjauan ke bazar pangan murah yang juga digelar di Alun-Alun Tigaraksa Puspemkab Tangerang.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

    View all posts

Terpopuler

Share post:

spot_img

Berita Lainnya
Related

Ketika Bupati Zaki Minta Sekda Maesyal Rasyid Cermat Gara-gara Temuan BPK Rp 153 M

Berita Tangerang - Gara-gara temuan BPK atau Badan Pemeriksa...

Program Bedah Rumah di Kota Tangerang Dilanjut, Target 2024 Ini 449 Unit

Berita Tangerang - Program Bedah Rumah di Kota Tangerang...