Pesan Pengarang ‘Istikharah Cinta’ untuk Millenials di Kota Tangerang: Beranilah Melahirkan Karya!

Date:

workshop (loka karya) penulisan cerpen yang digelar Komunitas Teater Cahaya Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT), Sabtu, 15 Juni 2024. Acara ini menghadirkan penulis sastra Islami asal Bogor yang juga pengaran novel ‘Istikharah Cinta’ Sekar Puji Indriaswati. (FOTO: tangerangkota.go.id)

Berita Tangerang – Kaum millenials di Kota Tangerang, terutama para mahasiswa harus berani memulai melahirkan karya-karya sastra.

Pesan tersebut disampaikan penulis sastra Islami populer asal Bogor, yakni Sekar Puji Indriaswati dalam workshop (loka karya) penulisan cerpen yang digelar Komunitas Teater Cahaya Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT), Sabtu, 15 Juni 2024.

Mengusung tema “Dengan Menulis Kita dapat Menggenggam Dunia,” workshop penulisan cerpen ini merupakan yang pertama kali digelar di UMT.

Ketua Umum Komunitas Teater Cahaya UMT Nita Nuranasya menuturkan, kegiatan workshop penulisan cerpen tersebut diselenggarakan secara khusus untuk mengembangkan kemampuan, keterampilan, dan kreativitas di bidang kesusastraan.

“Workshop ini kali perdana diadakan untuk menyemarakkan semangat literasi khususnya di kampus UMT itu sendiri, antusiasnya luar biasa, terdapat sekitar 150-an pelajar dan mahasiswa yang berpartisipasi,” kata Nita dilansir laman resmi Pemkot Tangerang.

Tidak hanya itu, workshop penulisan cerpen kali ini berisi penyampaian materi-materi penting dalam proses kreativitas penciptaaan karya sastra, khususnya cerpen.

Seperti, penyampaian mengengai struktur cerpen, karakteristik dialog, sampai gaya penulisan yang relevan dengan tren kesusastraan di era digital seperti yang populer saat ini.

“Workshop ini pastinya sangat penting diikuti oleh anak-anak muda, khususnya mahasiswa, untuk mencari pengalaman, wawasan, sampai motivasi agar berani melahirkan karya-karya sastra,” ujar Sekar Puji Indriaswati juga pengarang novel Istikharah Cinta menambahkan.

Selain itu, workshop penulisan cerpen kali ini diharapkan dapat mendorong kolaborasi, pertukaran ide, serta produktivitas kreativitas di kalangan para peserta yang didominasi para pelajar, mahasiswa, sampai para pegiat teater di Kota Tangerang.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

    View all posts

Terpopuler

Share post:

spot_img

Berita Lainnya
Related

Ini Kata Rano ‘Doel’ Karno saat Ditanya Pilih Maju Pilkada Banten atau Jakarta

Berita Pilkada - Anggota DPR-RI dari Partai PDIP yang juga...

Ketika Bupati Zaki Minta Sekda Maesyal Rasyid Cermat Gara-gara Temuan BPK Rp 153 M

Berita Tangerang - Gara-gara temuan BPK atau Badan Pemeriksa...

Program Bedah Rumah di Kota Tangerang Dilanjut, Target 2024 Ini 449 Unit

Berita Tangerang - Program Bedah Rumah di Kota Tangerang...