Cara Pemkab Tangerang Tingkatkan Kesejahteraan Petani Rumput Laut

Date:

Pemkab Tangerang menggelar sosialisasi  Pascapanen dan Sistem Resi Gudang Rumput Laut  untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir. FOTO ILUSTRASI: Rumput laut hasil produksi petani rumput laut di Pesisir Carita. (Dok.BantenHits.com)

Berita Tangerang – Rumput laut merupakan komoditas yang memiliki potensi besar di sektor perikanan. Komoditas ini bisa menjadi strategi yang relevan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat pesisir di berbagai belahan dunia.

Sebagai bentuk komitmen dalam menyejahterakan masyarakat pesisir, Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Tangerang melalui Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para petani rumput laut dalam mengelola dan memasarkan hasil panen.

Peningkatan pengetahuan tersebut digelar melalui sosialisasi Pascapanen dan Sistem Resi Gudang Rumput Laut di Hotel Istana Nelayan, Kota Tangerang, Rabu, 19 Juni 2024.

Kegiatan ini dihadiri kurang lebih 30 petani rumput laut dari berbagai wilayah di Kabupaten Tangerang

Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan, Rini Dwi Ari Hayati, menjelaskan, sosialisasi ini merupakan langkah strategis dalam mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

“Sosialisasi ini diselenggarakan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran petani rumput laut tentang praktik-praktik terbaik dalam pasca panen, pengelolaan, pemasaran rumput laut serta manfaat dari sistem resi gudang dalam meningkatkan nilai ekonomis dan keberlanjutan industri rumput laut,” kata Rini dilansir laman resmi Pemkab Tangerang.

Pada kesempatan itu, Rini juga menekankan pentingnya sektor perikanan, khususnya produksi rumput laut.

“Kabupaten Tangerang memiliki wilayah yang potensial untuk pengembangan rumput laut di sepanjang garis pantai dari Teluk Naga hingga wilayah Kemiri. Potensi ini harus selalu ditingkatkan agar rumput laut dapat menjadi komoditas unggulan yang mengangkat perekonomian masyarakat pesisir,” ucapnya.

Menurut Rini, rumput laut bisa menjadi alternatif olahan pangan yang sangat bernilai gizi. Selain itu, produk olahan rumput laut dapat memberikan peluang ekonomi baru bagi masyarakat pesisir dan membantu meningkatkan kesejahteraan mereka.

“Penting bagi kita semua untuk terus mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengolah rumput laut agar bisa memanfaatkan potensi ini secara optimal,” ucapnya.

Ia berharap, melalui kegiatan ini para pembudidaya rumput laut bisa terus mengembangkan pengetahuannya mulai dari pengelolaannya hingga nanti pemasarannya.

“Sosialisasi ini juga diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih dalam kepada para petani tentang proses pasca panen rumput laut serta manfaat dari sistem resi gudang,” harapnya.

Rini yakin, melalui kegiatan semacam ini, para petani rumput laut bisa mendapatkan pengetahuan dan mempraktikkannya dalam kegiatan sehari-hari.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

    View all posts

Terpopuler

Share post:

spot_img

Berita Lainnya
Related

Ini Kata Rano ‘Doel’ Karno saat Ditanya Pilih Maju Pilkada Banten atau Jakarta

Berita Pilkada - Anggota DPR-RI dari Partai PDIP yang juga...

Ketika Bupati Zaki Minta Sekda Maesyal Rasyid Cermat Gara-gara Temuan BPK Rp 153 M

Berita Tangerang - Gara-gara temuan BPK atau Badan Pemeriksa...

Program Bedah Rumah di Kota Tangerang Dilanjut, Target 2024 Ini 449 Unit

Berita Tangerang - Program Bedah Rumah di Kota Tangerang...