Aksi Al Muktabar saat Ajarkan Cara Menyembelih Syar’i kepada Pelajar

Date:

Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar saat mengajarkan cara menyembelih syar’i kepada pelajar. (FOTO: Dok. Biro Administrasi Pimpinan dan Protokil Setda Provinsi Banten)

Berita Banten – Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar diketahui telah lama memiliki sertifikat Juru Sembelih Halal (Juleha). Bahkan, Al Muktabar telah lima kali berturut-turut menyembelih sendiri hewan kurban bantuan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sebagai juru sembelih halal, Al Muktabar pun mencoba mengedukasi bagaimana cara menyembelih yang syar’i kepada para pelajar di SMAN 6 Kota Serang, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Rabu, 19 Juni 2024.

Kegiatan itu dilakukan seusai Al Muktabar bersama Plt Inspektur Provinsi Banten, Usman Asshiddiqi Qohara, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Banten, Tabrani meninjau pelaksanaan PPDB Provinsi Banten Tahun 2024 di SMAN 6 Kota Serang.

Saat memberikan edukasi penyembelihan syar’i, Al Muktabar bersama para pendidik SMA Negeri 6 Kota Serang mempraktikkan langsung tata cara sembelih hewan kurban secara syar’i di depan para siswa kelas X dan XI SMAN 6 Kota Serang, mulai dari alat yang digunakan hingga posisi hewan kurban.

“Alat penyembelihannya pastikan harus tajam. Hadapkan hewan kurban ke arah kiblat. Setelah menghadapkan ke arah kiblat, kita berdoa,” ucap Al Muktabar melalui laman resmi Pemprov Banten.

Praktik ini dilakukan Al Muktabar dan SMAN 6 Kota Serang langsung menggunakan sapi hidup yang hendak disembelih.

Sebelumnya, prosesi penyembelihan hewan kurban di Masjid Raya Al Bantani, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), saat Idul Adha 1445 H, Senin, 17 Juni 2024, mengungkap sisi lain Al Muktabar.

Seperti diketahui, saat pelaksanaan penyembelihan, Pj Gubernur Banten, Al Muktabar langsung tampil menjadi juru sembelih sapi bantuan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Penyembelihan hewan kurban disaksikan langsung oleh masyarakat sekitar, Pj Ketua Umum TP PKK Provinsi Banten Tine Al Muktabar, Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Virgojanti dan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi Banten, perwakilan dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Banten, para tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Sapi bantuan dari Jokowi tersebut berjenis limosin dan bernama Pegon dengan bobot 1,13 ton. Sapi dibeli dari dari Abdul Rosyid, peternak asal Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang.

Al Muktabar mengatakan dirinya sudah lama bersertifikasi kompetensi Juru Sembelih Halal (Juleha) sehingga prosesi pemotongan berjalan dengan lancar.

“Alhamdulillah pemotongan hewan kurban di Masjid Raya Al Bantani berjalan lancar, karena dari dulu sudah sebagai juru sembelih halal,” kata Al Muktabar dilansir laman resmi Pemprov Banten.

Selain menyembelih hewan kurban, Al Muktabar turut menguliti dan memotong daging hewan kurban dengan peralatan yang dibawanya sendiri.

“Daging-daging yang dipotong ini kita bagikan ke masyarakat, khususnya kita distribusikan untuk penanganan stunting di Provinsi Banten,” tambahnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

    View all posts

Terpopuler

Share post:

spot_img

Berita Lainnya
Related

Ini Kata Rano ‘Doel’ Karno saat Ditanya Pilih Maju Pilkada Banten atau Jakarta

Berita Pilkada - Anggota DPR-RI dari Partai PDIP yang juga...

Ketika Bupati Zaki Minta Sekda Maesyal Rasyid Cermat Gara-gara Temuan BPK Rp 153 M

Berita Tangerang - Gara-gara temuan BPK atau Badan Pemeriksa...

Program Bedah Rumah di Kota Tangerang Dilanjut, Target 2024 Ini 449 Unit

Berita Tangerang - Program Bedah Rumah di Kota Tangerang...