Wujudkan Tangerang Mandiri Tahan Pangan, Pj Bupati Dorong Penerapan Inovasi dan Penggunaan Teknologi Tepat Guna Produksi Pertanian

Date:

Wujudkan Tangerang Mandiri Tahan Pangan, Pj Bupati dorong penerapan inovasi dan penggunaan teknologi tepat guna produksi pertanian. ILUSTRASI: Andi Ony Prihartono saat panen raya padi di Desa Sukadiri, Kecamatan Sukadiri, Rabu, 18 Oktober 2023. (FOTO: tangerangkab.go.id)

Berita Tangerang – Untuk mewujudkan kemandirian pangan, penerapan inovasi dan penggunaan teknologi dalam bidang pertanian merupakan sebuah keniscayaan. Pertanian modern saat ini tidak hanya bergantung pada kearifan lokal dan keuletan para petani, tetapi juga sangat membutuhkan sentuhan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Demikian disampaikan Penjabat atau Pj Bupati Tangerang, Andi Ony Prihartono saat membuka acara Gelar Inovasi dan Teknologi Pertanian Tepat Guna di GSG Puspemkab Tangerang, Tigaraksa, Kamis, 20 Juni 2024. Acara tersebut bertema “Pemanfaatan Inovasi dan Teknologi Untuk Meningkatkan Produksi Pertanian Menuju Tangerang Mandiri Tahan Pangan”.

“Pemanfaatan inovasi dan teknologi dalam bidang pertanian memberikan banyak manfaat yang signifikan. Teknologi memungkinkan kita untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya, mengurangi kerugian hasil panen, serta meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi pertanian,” katanya dilansir laman resmi Pemkab Tangerang.

Menurut Andi Ony, di tengah pesatnya perkembangan teknologi saat ini, sektor pertanian harus semakin berkembang dan mampu meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan keberlanjutan melalui penerapan inovasi dan penggunaan teknologi tepat guna.

Untuk itu, dia mengapresiasi kegiatan gelar inovasi dan teknologi pertanian tepat guna tersebut mengingat sektor pertanian memegang peranan yang sangat vital sebagai sumber utama pangan dan menjadi penyumbang ketiga terbesar PDB nasional.

“Saya sangat mengapresiasi langkah Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang pada hari ini. Kegiatan ini merupakan salah satu langkah strategis dalam upaya untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan zaman,” ungkap Pj Bupati Andi Ony.

Andi berharap kegiatan tersebut menjadi momentum untuk terus berkolaborasi, berinovasi, dan bersinergi demi kemajuan pertanian di Kabupaten Tangerang.

“Semoga acara ini dapat memberikan inspirasi dan motivasi baru bagi kita semua. Mari bergandengan tangan membangun masa depan pertanian yang lebih cerah dan berkelanjutan. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melimpahkan rahmat dan ridha-Nya kepada kita semua dalam setiap langkah yang kita ambil,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Andi juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada para petani, penyuluh pertanian, peneliti, akademisi, pengusaha, dan semua pihak yang telah berkontribusi dalam mengembangkan dan mengaplikasikan inovasi dan teknologi pertanian tepat guna di Kabupaten Tangerang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tangerang, Asep Jatnika, mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang baru pertama kali digelar. Dia berharap bisa menjadi agenda tetap yang rutin digelar setiap tahun.

“Kegiatan ini baru pertama kali digelar dalam rangka memajukan pertanian di Kabupaten Tangerang dan diharapkan nantinya bisa menjadi agenda rutin Dinas Pertanian yang bisa digelar setiap tahunnya,” jelas Asep.

“Gelar inovasi dan teknologi pertanian tepat guna juga merupakan salah satu upaya untuk memacu terciptanya platform pertukaran pengetahuan, pengalaman, dan ide antara berbagai pihak yang terlibat dalam sektor pertanian, termasuk petani, akademisi, perusahaan teknologi, pemerintah, dan lembaga swadaya masyarakat,” sambungnya.

Melalui gelar inovasi dan teknologi pertanian tepat guna ini, lanjutnya, diharapkan bisa memberikan edukasi tentang teknologi pertanian yang tepat guna kepada petani, sehingga mereka dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam mengelola usaha pertanian dengan lebih efisien.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

    View all posts

Terpopuler

Share post:

spot_img

Berita Lainnya
Related

Ketika Bupati Zaki Minta Sekda Maesyal Rasyid Cermat Gara-gara Temuan BPK Rp 153 M

Berita Tangerang - Gara-gara temuan BPK atau Badan Pemeriksa...

Program Bedah Rumah di Kota Tangerang Dilanjut, Target 2024 Ini 449 Unit

Berita Tangerang - Program Bedah Rumah di Kota Tangerang...