Edukasi Jadi ‘Jurus’ Penting untuk Atasi Stunting Sebelum Genting

Date:

Wali Kota Tangerang, Nurdin saat membuka acara Talk Show Edukasi gizi dengan Tema Cegah Stunting Sebelum Genting, yang digelar di Auditorium Mall Balekota, Jumat, 21 Juni 2024.(FOTO: tangerangkota.go.id)

Berita Tangerang – Penanganan stunting bukan hanya soal kesehatan ataupun gizi buruk, tetapi juga soal budaya. Pola hidup bersih dan sehat atau PHBS harus dibudayakan bukan hanya sejak dini tetapi juga dari jauh sebelum bayi ada di dalam kandungan.

Demikian diungkapkan Penjabat atau Pj Wali Kota Tangerang, Nurdin saat membuka acara Talk Show Edukasi gizi dengan Tema Cegah Stunting Sebelum Genting, yang digelar di Auditorium Mall Balekota, Jumat, 21 Juni 2024.

“Karena itulah maka perlu adanya edukasi yang komprehensif, tidak hanya bagi para orang tua tetapi juga kepada anak-anak dan remaja sebagai para calon orang tua di masa depan agar PHBS terutama pola asupan makanan yang bergizi dapat terbentuk sejak dini,” kata Nurdin melalui keterangan tertulis.

Aksi sosialisasi pemahaman dan pencegahan stunting merupakan sebuah langkah penting yang dilakukan Pemkot Tangerang untuk memastikan integrasi intervensi penurunan stunting secara bersama-sama antara perangkat daerah penanggung jawab layanan dengan sektor non-pemerintah, serta masyarakat agar senantiasa berjalan berkelanjutan.

Adapun berbagai upaya yang senantiasa Pemkot Tangerang upayakan dalam penanganan Stunting di antaranya melalui Gerakan Serentak untuk Anak Tangerang Sehat dan Cerdas (Gertak Tangkas) di 13 kecamatan.

Hingga 20 Juni 2024, telah mencapai 83,5 % atau sebanyak 66.317 balita yang sudah diskrining. Kegiatan ini tentunya dipastikan akan terus dilakukan secara berkelanjutan.

“Termasuk dengan redistribusi Posyandu sebagai bentuk implementasi Integrasi Layanan Primer (ILP) yang diharapkan upaya-upaya tersebut dapat berjalan optimal dan sejalan dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya budaya PHBS,” terang Nurdin.

Mantan Kepala Pusdatin Kemendagri tersebut mengharapkan kolaborasi dari seluruh pihak sebagai upaya percepatan penurunan stunting tersebut.

“Tidak ada kata terlambat untuk cegah stunting, karena kita semua punya peran untuk cegah stunting sebelum genting. Semoga kegiatan hari ini memberikan manfaat besar dan menjadi penyemangat bagi kita semua untuk menjadi bagian yang senantiasa berkontribusi pada terwujudnya masyarakat dan Kota Tangerang yang sehat dan berdaya saing,” pungkasnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

    View all posts

Terpopuler

Share post:

spot_img

Berita Lainnya
Related

Ini Kata Rano ‘Doel’ Karno saat Ditanya Pilih Maju Pilkada Banten atau Jakarta

Berita Pilkada - Anggota DPR-RI dari Partai PDIP yang juga...

Ketika Bupati Zaki Minta Sekda Maesyal Rasyid Cermat Gara-gara Temuan BPK Rp 153 M

Berita Tangerang - Gara-gara temuan BPK atau Badan Pemeriksa...

Program Bedah Rumah di Kota Tangerang Dilanjut, Target 2024 Ini 449 Unit

Berita Tangerang - Program Bedah Rumah di Kota Tangerang...