Praktik Dugaan Suap PPDB SMA/SMK Negeri di Banten Coreng Dunia Pendidikan

Date:

Terekam dalam video dugaan praktik jual beli kursi siswa pada sebuah SMA/ SMK Negeri di Banten. (Tangkap layar video warga)

Berita Tangerang – Praktik dugaan suap dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB SMA/ SMK Negeri di Banten yang rekamannya beredar Senin, 1 Juli 2024 disebut preseden buruk bagi dunia pendidikan.

Dugaan suap tersebut juga disebut telah mencoreng dunia pendidikan di provinsi berjuluk Tanah Seribu Kiai dan Sejuta Santri ini.

“Tercoreng sudah dunia pendidikan Banten..Innalillaahi wainnaa ilayhi roojiun.. (Para pelaku suap) mundur saja, enyahlah dari kancah pendidik. Apa harus dipaksa mundur oleh rakyat? ” kata Koordinator Banten Cerdas, Bahrudin kepada BantenHits.com,  Rabu, 3 Juli 2024.

“Kami selaku pemerhati pendidikan di Banten meminta kepada Pj Gubernur (Banten) untuk segera mengambil langkah tegas segera memberhentikan oknum Ketua PPDB tersebut,” sambungnya.

Diberitakan sebelumnya, beredar sebuah video diduga terkait jual beli kursi siswa pada PPDB SMA/SMK Negeri di Banten.

Dalam video yang diterima BantenHits.com, Senin, 1 Juli 2024 terlihat seorang seorang pria tampak tengah melakukan penginputan pada laptop di hadapannya.

Pria tersebut sesekali membuka handphone yang ada di atas meja kemudian kembali terlihat menggerakkan jari di atas keyboard laptopnya.

Samar-samar terdengar dua orang tengah bercakap-cakap di samping pria yang terlihat tengah beraktivitas dengan laptopnya tersebut.

Tak lama kemudian terlihat pada kamera seseorang menghitung uang pecahan rupiah seratus ribuan. Uang tersebut dikeluarkan dari dompet kemudian dimasukkan ke dalam sebuah amplop.

“Baraha, Pal Haji? (Berapa, Pak Haji?),” kata suara dalam video.

“2,5,” jawab pria yang dipanggil Pak Haji. Wajahnya sekelebatan terekam dalam kamera.

“Ieu langsung wae. (Ini langsung aja),” ucapnya sambil menyerahkan amplop.

Berdasarkan informasi yang diterima BantenHitscom, video diduga jual beli kursi siswa tersebut terjadi di sebuah SMK Negeri favorit di Kabupaten Tangerang yang berlokasi di Kecamatan Sepatan.

Belum ada penjelasan resmi dari Dinas Pendidikan Banten terkait video ini. BantenHitscom.com sudah meminta konfirmasi Kepala Dinas Pendidikan Banten, Tabrani melalui handphone Sekretaris Dina Pendidikan Lukman pada Senin sore, 1 Juli 2024 namun hingga berita dipublikasikan belum ada respons.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

    View all posts

Terpopuler

Share post:

spot_img

Berita Lainnya
Related

Cerita di Kali Pondok Jaya Sepatan Sebelum  Dua Bocah Laki-laki Tewas Tenggelam

Berita Tangerang - Dua bocah laki-laki ditemukan tewas tenggelam...

Nama Irene Sunarsa Kembali Muncul dalam Konflik Tanah di Kadu Agung Tigaraksa

Berita Tangerang - Konflik warga Kampung Ciatuy,  RT 04-06/RW...