1.097 Posyandu dan Lima Rumah Sakit di Kota Tangerang Digerakkan untuk Atasi Stunting

Date:

Pemkot Tangerang menjalin kerja sama dengan lima rumah sakit di Kota Tangerang terkait Pelayanan Rujukan Balita Stunting di Kota Tangerang, Selasa, 9 Juli 2024. (FOTO: tangerangkota.go.id)

Berita Tangerang – Pemerintah Kota atau Pemkot Tangerang serius melakukan pencegahan stunting melalui berbagai program, di antaranya Gerakan Serentak untuk Anak Tangerang Sehat dan Cerdas (Gertak Tangkas) di 1.097 posyandu di Kota Tangerang.

Kekinian, sebagai bentuk tindak lanjut dari Program Gertak Tangkas,  Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menjalin kerja sama dengan lima rumah sakit di Kota Tangerang terkait Pelayanan Rujukan Balita Stunting di Kota Tangerang.

Kesepakatan Perjanjian Kerja Sama tersebut ditandai dengan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin bersama Kepala Dinas Kesehatan, dr. Dini Anggraini dengan perwakilan lima Kepala RS di Hotel D’Prima Kota Tangerang, Selasa, 9 Juli 2024.

Kelima Rumah Sakit tersebut adalah Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sitanala Tangerang, Rumah Sakit An-Nisa Tangerang, Rumah Sakit Hermina Periuk, Rumah Sakit Primaya Tangerang, dan Rumah Sakit Sari Asih Ciledug.

Nurdin menyambut baik perjanjian kerja sama dengan lima rumah sakit tersebut sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan stunting di Kota Tangerang dengan menambah pelayanan untuk rujukan balita yang stunting.

“Alhamdulillah, kita melangkah satu langkah di depan lagi setelah bulan lalu kita lakukan intervensi serentak pencegahan stunting, anak-anak, bayi dan balita yang telah ditimbang kini dirujuk untuk dirawat di rumah sakit,” kata Nurdin melalui keterangan resmi.

“Dan dengan disepakati kerja sama dengan lima rumah sakit ini, jumlah fasilitas kesehatan atau rumah sakit untuk rujukan bagi anak-anak stunting tersebut menjadi bertambah. Yang tadinya hanya satu di RSUD Kota Tangerang, sekarang bertambah menjadi enam rumah sakit,”  sambungnya.

Nurdin menegaskan, Pemkot akan terus berkomitmen dan berupaya untuk mengatasi dan menuntaskan permasalahan stunting di Kota Tangerang.

“Tentunya akan kita evaluasi terus sesuai kebutuhan, dan bukan tidak mungkin rumah sakit yang akan menjadi rujukan akan kita tambah lagi sehingga anak-anak stunting di Kota Tangerang dapat memperoleh perawatan secara intensif dan gratis di rumah sakit-rumah sakit yang ada di Kota Tangerang,” ujarnya.

Lebih lanjut, mantan Pj Bupati Aceh Jaya tersebut, menyampaikan apresiasi dan ungkapan terima kasih kepada seluruh pihak atas kolaborasi serta kerja samanya dalam upaya penanganan stunting seraya berharap melalui upaya-upaya tersebut, permasalahan stunting di Kota Tangerang dapat segera tertangani.

“Harapan kita semua tentunya agar anak-anak di Kota Tangerang senantiasa sehat dan cerdas dapat kita wujudkan bersama-sama,” pungkasnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

    View all posts

Terpopuler

Share post:

spot_img

Berita Lainnya
Related

Cerita di Kali Pondok Jaya Sepatan Sebelum  Dua Bocah Laki-laki Tewas Tenggelam

Berita Tangerang - Dua bocah laki-laki ditemukan tewas tenggelam...

Korban Pemagaran PT Bina Cipta Kehilangan Penghasilan

https://youtu.be/trecH-c8af4?si=NloiappR7bzTXINJ Berita Tangerang - Puluhan warga Kampung Ciatuy, RT 04,...