Penyelundupan Baby Lobster Senilai Rp 17,8 M ke Singapura Digagalkan Tim Gabungan TNI AL Banten di Binuangen

Date:

Tim gabungan yang terdiri dari Lanal Banten, Lantamal III serta Tim Satgas Simba L 19 Dispamal Mabesal, menunjukkan barang bukti baby lobster yang hendak diselundupkan ke Singapura. (BantenHits.com/ Iyus Lesmana)

Cilegon – Tim Gabungan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Banten berhasil menggagalkan pengiriman ribuan bibit baby lobster yang akan dikirim ke Singapura melalui Provinsi Jambi. 

Selain berhasil menyita baby lobster senilai Rp 17,8 miliar, tim yang terdiri dari Lanal Banten, Lantamal III serta Tim Satgas Simba L 19 Dispamal Mabesal tersebut berhasil mengamankan dua orang tersangka. 

Wartawan BantenHits.com Iyus Lesmana melaporkan, pengagalan penyelundupan baby lobster tersebut dilakukan, Kamis, 3 Oktober 2019.

Petugas menggerebek sebuah gudang milik tersangka HO  yang berada di Desa Muara Binuangen, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, sekira pukul 20.30 WIB. Namun saat petugas tiba di lokasi gudang petugas hanya menemunakn dua penjaga gudang berinisial EF dan WS sedang mencatat dan melakukan pengepakan baby lobster. 

“Saat ini kasusnya masih kita kembangkan, saat penangkapan pemilik gudang yaitu HO tidak ada di lokasi. Dan kita akan lakukan pengejaran,” kata Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Banten Kolonel Laut (P) Golkariansyah saat menggelar jumpa pers, Jumat, 4 Oktober 2019. 

Danlanal memaparkan, sebelum melakukan penangkapan pihaknya telah melakukan pengintaian berdasarkan informasi masyarakan terkait adanya kegiatan penampungan baby lobster dalam jumlah yang sangat besar. 

“Barang bukti berikut pelaku langsung dibawa ke Mako Lanal Banten untuk dilakukan pemeriksaan dan pengembangan. Untuk penghitungan barang bukti kita melibatkan Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan ( BKIPM ) Banten,” bebernya. 

Ada pun barang bukti yang berhasil diamankan adalah baby lobster jenis pasir sebanyak 116.283 ekor, jenis mutiara 2.100 ekor, seluruhnya ditaksir bernilai Rp 17,8 milliar.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...