Alhamdulillah! 320 Mantan Anggota NII di Jabar dan Banten Kembali ke Pangkuan NKRI

Date:

Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Dudung Abdurachman; Pj Gubernur Bantnen, Al Muktabar; dan Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin beserta jajaran lainnya saat Deklarasi Kebangsaan Pencabutan Baiat 320 mantan Anggota NII wilayah Banten dan Jawa Barat. (FOTO: bantenprov.go.id)

Berita Bandung – Kabar baik datang dari Bandung, Jawa Barat. Sedikitnya 320 Mantan Anggota Negara Islam Indonesia atau NII di Jawa Barat dan Banten akhirnya kembali ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal tersebut ditandai dengan Deklarasi Kebangsaan Pencabutan Baiat 320 mantan Anggota NII wilayah Banten dan Jawa Barat. Mereka sekaligus mendeklarasikan diri kembali menjadi Warga NKRI.

Dilansir laman resmi Pemprov Banten, bantenprov.go.id, Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar menjadi saksi momen bersejarah tersebut.

Kegiatan pencabutan biat dan deklarasi gabung NKRI bagi mantan anggota NII Jabar dan Banten ini merupakan rangkaian agenda Kunjungan Kerja Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman ke Wilayah Kodam III/Siliwangi di Lapangan Upacara Makodam III/Siliwangi, Jalan Aceh, No. 69, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis malam, 14 September 2023.

AL Muktabar bersama Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin juga melakukan pemasangan pin NKRI kepada 2 (dua) orang secara simbolis sebagai tanda kembalinya mantan NII menjadi warga NKRI.

“Alhamdulillah saudara-saudara kita tadi di depan Bapak KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman, segenap Forkopimda Jabar dan Banten serta kami Pj. Gubernur Banten dan Jabar yang selaku wakil Pemerintah Pusat di Daerah menyaksikan Deklarasi dan komitmen kembalinya saudara kita ke NKRI,” ungkap Al Muktabar.

“Kita juga membubuhkan tanda tangan sebagai saksi secara tertulis bahwa pengakuan-pengakuan di dalam dokumen deklarasi itu harus kita jaga terus menerus,” sambungnya.

Pondasinya Kebhinekaan, Tiangnya Persatuan dan Kesatuan

Kunjungan Kerja Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman ke Wilayah Kodam III/Siliwangi ini didampingi istri Ny. Rahma Setyaningsih Dudung Abdurachman yang juga selaku Ketua Umum Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana.

Jenderal Dudung menegaskan, landasan ideologi Pancasila dimana memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika yang merupakan satu kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Sering saya sampaikan bahwa pondasinya adalah kebhinekaan, tiangnya adalah persatuan dan kesatuan, atapnya adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Jenderal Dudung mengajak semua lapisan masyarakat, seluruh unsur Pemerintah, TNI, dan Polri untuk menjalin kerja sama. Dirinya meyakini bahwa Nilai kebangsaan cinta tanah air dan bela negara terpatri kuat di masyarakat Banten dan Jawa Barat.

“Mari kita jalin kerja sama, merajut kebangsaan cinta tanah air dan saya punya keyakinan bahwa nilai-nilai kebangsaan kecintaan tanah air dan bela negara masih terpatri,” sambungnya.

Agenda Kunjungan Kerja ini bertema “Wawangi Wangsit Siliwangi” yang diisi hiburan dari Rampak bedug Banten dari sanggar persada salabentar Pandeglang.

Rangkaian kunjungan ini juga dilakukan Penobatan KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman sebagai Bapak Asuh Budaya Jabar dan Banten dimana piagam penobatannya diserahkan langsung oleh Prof Tihami selaku Tokoh Budaya Banten dan Prof. Didi Turmudzi selaku Tokoh Budaya Jawa Barat.

Selain itu terdapat juga penobatan Duta Bunda Asuh Anak Stunting (BAAS) oleh Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Hasto Wardoyo kepada Ketua Umum Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana Ny. Rahma Dudung Abdurachman.

Sumber: bantenprov.go.id

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mendagri Ungkap Peran Jokowi pada Penunjukkan Al Muktabar Jadi Pj Banten yang Ketiga Kali

Berita Jakarta - Al Muktabar telah dilantik kembali menjadi...

Untuk Pemda yang Masih Pelit sama Informasi, Simak Nih Penjelasan Plh Kapuspen Kemendagri!

Berita Jakarta - Pemerintah Daerah atau Pemda diminta agar...