Dari Medan Ridwan Kamil Gaungkan Solusi Berantas Rentenir atau Pinjol, Rakyat Pun Naik Kelas Kesejahteraannya

Date:

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memberikan keterangan dalam acara ‘bjb Mesrakan Medan’ yang digelar di Lapangan Benteng, Kota Medan, Rabu 1 Februari 2023. Ridwan Kamil membeberkan solusi untuk memberantas rentenir atau Pinjol dengan pinjaman tanpa bunga dan agunan bagi pelaku UMKM melalui bjb Kredit Mesra alias Kredit Masyarakat Ekonomi Sejahtera.(Istimewa)

Berita Medan – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menggaungkan solusi memberantas rentenir yang kekinian menjelma secara digital dengan bentuk pinjaman online alias pinjol.

Solusi yang disodorkan pria yang populer disapa Kang Emil ini dalam bentuk pinjaman tanpa bunga dan agunan untuk pelaku UMKM.

Pinjaman tersebut bernama bjb Kredit Masyarakat Ekonomi Sejahtera atau Kredit Mesra. Program ini merupakan hasil kolaborasi bank bjb dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Sumatera Utara akan menjadi provinsi kelima yang menerima penyaluran bjb Kredit Mesra. Pelaksanaan awalnya dilakukan di Kota Medan, ditandai dengan acara ‘bjb Mesrakan Medan’ yang digelar di Lapangan Benteng, Kota Medan, Rabu 1 Februari 2023.

“Tolong sampaikan, Pak Ridwan Kamil punya solusi memberantas rentenir. Solusinya apa, bank bjb punya produk yang bisa membantu warga menengah bawah pinjam uang tanpa bunga tanpa agunan,” kata Kang Emil pada acara bjb Mesrakan Medan, di Lapangan Benteng, Medan seperti dilansir keterangan resmi.

Dengan Program Mesra ini, Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya tidak mau rakyat Indonesia jadi korban rentenir atau Pinjol.

“Dulu diintimidasi oleh debt collector, sekarang diintimidasi melalui digital dengan menyebar wajah kita yang pinjol. Jadi, inilah solusinya. Sudah ribuan masyarakat, yang mendapat manfaat di belasan Kabupaten/Kota di Indonesia, yang ada cabang-cabang bank bjb,” bebernya.

Ridwan Kamil mengungkapkan untuk program ini, kredit macetnya sangat kecil sekali hanya 1,3 persen. Menandakan Mesra ini sukses dan lancar. Dengan itu, ia meminta media massa memperluas informasi ini khususnya di wilayah Sumatera Utara.

“Masyarakat bisa datang ke bank bjb, ikuti prosedurnya dan langsung dibantu oleh sistem kredit bjb Mesra. Yang singkatannya, adalah Kredit Masyarakat Ekonomi Sejahtera,” jelasnya.

Ridwan Kamil berharap dengan program Mesra ini, mudah-mudahan bisa melihat rakyat Indonesia naik kelas kesejahteraannya.

“Ini yang membuat Jawa Barat tingkat kemiskinannya turun tertinggi di Indonesia tahun 2022. Salah satunya inovasi yang luar biasa ini,” ucap Gubernur Jawa Barat itu.

Tanpa Bunga dan Agunan

Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi juga menambahkan kredit bjb Mesra merupakan pembiayaan bagi jemaah di sekitar rumah ibadah antara lain Masjid, Klenteng, Vihara, Gereja atau Pura. Dimana pembiayaan tersebut tanpa bunga dan agunan untuk usaha mikro perorangan yang belum bankable dengan plafon maksimal Rp5 juta.

“bjb Mesra merupakan produk bank bjb yang merupakan hasil kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dimana diinisiasi lansung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil. Dimana Kredit bjb Mesra merupakan kredit yang berbasis pada rumah ibadah dan tanpa bunga serta tanpa agunan dengan nilai pinjaman sampai dengan Rp5 juta per orang dalam sistem kelompok, silahkan diinisiasi oleh masyarakat sekitar,” ungkapnya.

bjb Mesra diharapkan mampu membuka kesempatan yang sama kepada masyarakat disekitar rumah ibadah yang mendapatkan akses permodalan sehingga karenanya bjb Mesra diharapkan mampu mengurangi angka pengangguran dan sebaliknya justru mampu meningkatkan perekonomian yang selaras dengan keimanan dan berbasis rumah ibadah.

Gelaran ‘bjb Mesrakan Medan’ merupakan puncak dari rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya di Kota Medan terkait penyaluran permodalan UMKM. Meliputi promosi dan sosialisasi ‘bjb Pesatkan UMKM’ di radio, workshop bjb Pesatkan UMKM di Medan, hingga ajang sosialisasi dan pencarian potensi.

Dimulainya program penyaluran kredit bjb Mesra di Sumatera Utara adalah bagian dari komitmen perusahaan memajukan ekonomi masyarakat. Sejauh ini, kredit bjb Mesra telah disalurkan di 4 provinsi yakni Jawa Barat, Bali, Banten, dan DKI Jakarta.

Acara ini menjadi penanda dimulainya penyaluran bjb Kredit Mesra untuk para pelaku UMKM di Kota Medan melalui penyerahan kredit secara simbolis.

Acara dilanjut dengan penyerahan tabungan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) bank bjb kepada nasabah. Setelah itu, terdapat sharing session kisah sukses salah satu debitur Kredit bjb Mesra yang berhasil memajukan usahanya, yakni Tri Suwartono yang merupakan pedagang mie ayam.

Tri Suwartono yang merupakan warga Bogor, mengaku sudah lama berjualan mie ayam sejak 2004, namun pasang surutnya usaha membuat dirinya kadang ambruk namun harus tetap berusaha untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Seperti terjadi pada masa Covid, usahanya ambruk terdampak COVID-19, hingga tidak bisa berjualan.

“Namun bersyukurnya, ada datang program Kredit bjb Mesra dari bank bjb Cabang Cibinong, untuk membantu permodalan dari UMKM. Saya salah satunya yang ikut mendapatkan program ini. Kebetulan, kami tidak hanya mendapatkan bantuan permodalan, tetapi juga mendapatkan pelatihan-pelatihan dalam berusaha, termasuk dalam pengelolaan keuangan untuk kembali bangkit,” ujarnya.

Sebagai informasi, penerima manfaat kredit bjb Mesra telah tersebar di 13 kota dan 21 kabupaten se-Indonesia. Sejak 2018 hingga saat ini, bank bjb total telah menyalurkan Rp52,5 Milyar kredit kepada belasan ribu penerima manfaat.

Perluasan jangkauan debitur kredit bjb Mesra ini diharapkan dapat semakin menguatkan pertumbuhan bisnis UMKM di Indonesia.

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...