Al Muktabar Wanti-wanti Jajaran Antisipasi Inflasi saat Pesta Demokrasi

Date:

Pj Gubernur Banten, Al Muktabar saat mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi di Pendopo, KP3B Curug, Kota Serang, Senin, 12 Februari 2024. Al Muktabar  meminta jajaran antisipasi inflasi saat Pemilu 2024 di Banten.(FOTO: bantenprov.go

Berita Banten – Permintaan bahan pangan diperkirakan meningkat saat pelaksanaan Pemilu 2024, seiring banyaknya kebutuhan konsumsi pada pertemuan atau berkumpulnya masyarakat. Karenanya, penanganan inflasi di daerah sangat penting dilakukan.

“Dengan aktivitas yang banyak melibatkan masyarakat, salah satunya terkait konsumsi dalam beberapa pertemuan memerlukan jumlah besar yang tentu kita tetap pantau harga dan ketersediaannya,” kata Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar seusai mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi di Pendopo, KP3B Curug, Kota Serang, Senin, 12 Februari 2024 dikutip dari laman resmi Pemprov Banten.

Al Muktabar membebekan, inflasi Provinsi Banten pada Januari 2024 mencapai 2,59 persen. Untuk tahun 2024 ini, tingkat inflasi di Provinsi Banten merupakan gabungan tingkat inflasi Kota Serang, Kota Tangerang, Kota Cilegon, Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang.

“Secara nasional tren inflasi kita sangat terkendali, untuk Banten berdekatan sekali dengan inflasi nasional. Kalau beberapa waktu lalu terjadi peningkatan sekarang sudah turun lagi,” jelasnya.

Dalam menghadapi momen besar itu, Al Muktabar menyampaikan, akan terus melakukan beberapa upaya dalam mengendalikan inflasi secara konsisten. Upaya tersebut diantaranya memperhatikan panen raya dan pasokan bahan baku yang masih mengalami fluktuatif di beberapa daerah di Provinsi Banten.

“Kita juga sedang mengupayakan panen raya yang cukup besar volumenya. Itu bagian dari aktivitas petani yang semoga tidak terganggu cuaca,” ungkapnya.

“Nantinya harga padi atau gabah dapat terkendalikan, memberikan efek nilai ekonomi kepada masyarakat dan itu penting,” lanjutnya.

Ia berharap, dengan upaya pengendalian inflasi yang dilakukan dalam berbagai situasi dan kondisi, mampu memberikan motivasi berbagai pihak dalam mengembangkan instrumen pengendaliannya. Maka dari itu, pengendalian inflasi bisa dilakukan dari berbagai arah

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

    View all posts

Terpopuler

Share post:

spot_img

Berita Lainnya
Related

Kenalan sama Mama Centing, Yuk!

https://youtu.be/KLRukNW32kI?si=-TPL6xi1PhA7v4fb Berita Tangerang - Metode penanganan stunting kini dilakukan sejak...

Momen-momen saat 5.000 Pelajar di Kota Tangerang Gaungkan Anti-narkoba dan Tawuran

Berita Tangerang - Pemerintah Kota atau Pemkot Tangerang menggandeng...

Kulineran sampai Puas Sambil Menikmati Ribuan Lampion di Taman Rasa dan Cahaya TangCity Mall

Berita Tangerang - Bayangkan, apa rasanya ketika Anda dihadapkan...

Mengenal Mama Centing, Inovasi Penanganan Stunting Puskesmas Bojong Kamal Legok yang Raih Juara di Banten

Berita Banten - Metode penanganan stunting kini dilakukan dari...