Berkaca Pengalaman Mudik 2023, Penjualan Tiket hingga Penumpukan Kendaraan Jadi Sorotan Polda Banten

Date:

Kapolda Banten, Irjen Pol. Abdul Karim dan PJ Gubernur Banten saat Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat (Ops) Ketupat Maung 2024 yang digelar di Lapangan Markas Kepolisian Daerah Banten, Jalan Syech Nawawi Al Bantani, Banjarsari, Kota Serang, Rabu, 3 April 2024.(FOTO: Dok. Biro Administrasi Pimpinan dan Protokol Pemprov Banten)

Berita Banten – Polda Banten mengidentifikasi sejumlah hal terkait pelaksanaan mudik berdasarkan hasil evaluasi dari pelaksanaan mudik Lebaran 2023 lalu, seperti penjualan tiket, pengoperasian Pelabuhan Ciwandan sampai penumpukan kendaraan.

Hal tersebut disampaikan Kapolda Banten, Irjen Pol. Abdul Karim saat menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat (Ops) Ketupat Maung 2024 yang digelar di Lapangan Markas Kepolisian Daerah Banten, Jalan Syech Nawawi Al Bantani, Banjarsari, Kota Serang, Rabu, 3 April 2024.

Hadir dalam apel tersebut Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar yang membacakan secara tertulis sambutan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Pada kesempatan itu, Al Muktabar dan Abdul Karim melakukan pemeriksaan kesiapan pasukan dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1445 Hijriah di wilayah hukum Polda Banten.

“Tahun lalu banyak para pemudik yang membeli tiket di calo-calo yang berseliweran, sehingga itu mengganggu terhadap perencanaan yang kita lakukan,” kata Abdul Karim dikutip BantenHits.com dari laman resmi Pemprov Banten.

Kemudian terkait dengan penumpukan kendaraan, lanjutnya, pada Mudik 2024 ini petugas akan maksimalkan mekanisme delay sistem. Bagi kendaraan yang melalui tol, akan dilakukan delay di titik-titik rest area yang sudah disediakan. Sedangkan bagi pengguna kendaraan roda dua, Polda Banten Bersama jajaran sudah membuka sejumlah Posko.

“Jadi nanti ketika kondisi di pelabuhan penuh, maka setiap kendaraan yang akan menuju ke Merak kita akan stop di rest area atau posko terdekat yang sudah disediakan,” jelasnya.

“Apabila setelah sebagian penumpang diangkut oleh kapal, baru akan kita buka Kembali kendaraan-kendaraan itu sesuai dengan jumlah yang diberangkatkan oleh kapal tersebut. Beberapa kali kita sudah lakukan simulasi itu, mudah-mudahan semuanya berjalan lancar,” sambungnya.

Sementara Al Muktabar mengatakan, secara umum langkah-langkah persiapan sudah dilakukan secara maksimal oleh seluruh stakeholder di lingkungan Provinsi Banten. Hal itu dilakukan untuk memastikan pelayanan pengamanan dan arus mudik lebaran tahun ini berjalan dengan baik dan lancar.

“Berbagai Langkah persiapan yang sudah kita lakukan secara terukur. Secara teknis tentu TNI dan Polri berada di garda terdepan untuk memberikan rasa keamanan dan kenyamanan bagi kita semua. Kita semua bersatu padu yang pada semua ini kita persembahkan kepada kenyamanan untuk masyarakat,” bebernya.

Pemprov Banten, kata Al Muktabar, berkomitmen pada tema mudik Lebaran 2024, yakni Mudik Ceria dan Bermakna dimana diketahui Provinsi Banten merupakan daerah penyangga Jawa dan Sumatera.

“Mudah-mudahan tidak ada hambatan yang melintang sehingga semuanya berjalan sesuai dengan yang kita harapkan bersama,” ucapnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

    View all posts

Terpopuler

Share post:

spot_img

Berita Lainnya
Related

Mengenal Mama Centing, Inovasi Penanganan Stunting Puskesmas Bojong Kamal Legok yang Raih Juara di Banten

Berita Banten - Metode penanganan stunting kini dilakukan dari...

Ingin Lingkungan Kerja di Pemkot Tangerang Bersih dan Produktif, Pj Wali Kota Terbitkan SE Larangan Judi Online

Berita Tangerang - Pemerintah Kota atau Pemkot Tangerang menerbitkan...

Tanda-tanda pada Tubuh Berikut Ini Menunjukkan Kalian terkena TBC, Segera Lakukan Ini!

Berita Tangerang - Tanda-tanda pada tubuh berikut ini menunjukkan...