Harga Bawang Merah di Kabupaten Tangerang Tembus Rp 45 Ribu Per Kg

Date:

Harga bawang merah di Kabupaten Tangerang yang semula Rp 28 ribu per kg, pada Rabu, 3 April 2024 tembus Rp 45 ribu per Kg. FOTO ILUSTRASI : Pedagang di Pasar Badak, Kabupaten Pandeglang. (Dok. BantenHits.com)

Berita Tangerang – Harga sejumlah komoditi di beberapa pasar tradisional di Kaupaten Tangerang terpantau mengalami kenaikan pada Rabu, 3 April 2024. Salah satunya bawang merah. Semula, harganya bawang merah Rp 28 ribu per kilogram, namun kini harganya tembus Rp 45 ribu per kilogram.

Hal tersebut diketahui setelah jajaran Perusahaan Umum Daerah Pasar Niaga Kerta Raharja atau Perumda Pasar NKR Kabupaten Tangerang melakukan pemantauan di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Tangerang.

Menurut Direktur Operasional Perumda Pasar NKR Kabupaten Tangerang, Ashari Asmat, secara umum berdasarkan pemantuan jajarannya, harga dan ketersediaan bahan pokok serta sejumlah komoditi masih relatif stabil.

“Dari hasil pemantauan kita hari ini bersama tim, untuk stok bahan pokok insya Allah aman dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1445 H, tetapi memang ada beberapa yang naik walaupun tidak signifikan,” kata Ashari Asmat di Pasar Cisoka, Rabu, 3 April 2024 dikutip BantenHits.com dari laman resmi Pemkab Tangerang.

Berdasarkan hasil pemantuan, lanjutnya, harga daging segar saat ini masih berkisar Rp130 ribu per kg, daging ayam Rp 45 ribu per kg, cabe rawit merah Rp 35 ribu per kg, beras premium Rp 15 ribu per kg, beras medium Rp 12 ribu per kg, dan cabe merah keriting Rp35 ribu per kg.

“Harga komoditi masih stabil. Bahkan telor terjadi penurunan yang biasanya Rp30 ribu per kg, sekarang turun jadi Rp 28 ribu. Mudah–mudahan ini juga bertahan,” ungkapnya.

Dia menyampaikan, kenaikan harga pangan wajar terjadi jelang hari Raya Idul Fitri, karena adanya permintaan yang meningkat dari konsumen, kenaikan biaya distribusi dan psikologi pasar menjelang Hari Raya.

“Yang terpenting adalah ketersediaan atau stok yang mencukupi. Apabila ditemukan adanya harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan yang signifikan, maka pihak Perumda Pasar NKR akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait termasuk Bulog, dan bila diperlukan melaksanakan operasi pasar,” ujarnya.

Ashari Asmat mengimbau masyarakat tidak khawatir terhadap ketersediaan stok bahan pokok di pasar–pasar yang ada di Kabupaten Tangerang. Sejauh ini stok pangan dinyatakan aman.

“Insya Allah semua stoknya aman untuk menghadapi Hari Raya Idul Fitri ini,” pungkasnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Disnakertrans Kabupaten Serang Tingkatkan Pelayanan Berbasis Digital

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)...

Adakah yang Lebih Nyaman dan Meriah dari Nobar Timnas U-23 di Taman Elektrik Kota Tangerang?

Berita Tangerang - Ribuan warga Kota Tangerang datang menyemut...