Banten Dicanangkan Jadi Pusat Ekonomi dan Keuangan Syariah Dunia

Date:

Wapres Ri Ma’ruf Amin bersama Pj Gubernur Banten, Al Muktabar saat saat menghadiri Silaturahmi Idul Fitri 1445 Hijriah yang dilaksanakan oleh Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Banten, di Pondok Pesantren (Ponpes) An-Nawawi, Tanara, Kabupaten Serang, Sabtu, 5 Mei 2024. (FOTO: Dok. Biro Administrasi Pimpinan dan Protokol Provinsi Banten)

Berita Banten – Provinsi Banten dicanangkan untuk menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah untuk tingkat nasional, bahkan sampai tingkat dunia.

Demikian disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar saat menghadiri Silaturahmi Idul Fitri 1445 Hijriah yang dilaksanakan oleh Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Banten, di Pondok Pesantren (Ponpes) An-Nawawi, Tanara, Kabupaten Serang, Sabtu, 5 Mei 2024.

Acara dihadiri Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Ma’ruf Amin juga Ketua KDEKS Provinsi Banten Siti Ma’rifah bersama jajaran serta tamu undangan lainnya.

Al Muktabar mengungkapkan, banyak arahan yang diberikan Wapres kepada Pemprov Banten berkenaan dengan pengembangan potensi ekonomi dan keuangan syariah di Provinsi Banten.

“Kita punya Bandara Internasional, kawasan industri, Pelabuhan, kearifan lokal serta kultur masyarakat yang sebagian besar religius menjadi keunggulan tersendiri yang tidak dimiliki oleh daerah lainnya,” kata Al Muktabar dilansir laman resmi Pemprov Banten.

Selain itu, lanjutnya, Provinsi Banten juga menjadi satu-satunya daerah yang memiliki menara syariah yang menjadi pusat kegiatan ekonomi syariah baik tingkat nasional maupun internasional.

“Dengan itu, Banten dicanangkan untuk menumbuhkan pusat ekonomi dan keuangan syariah, bahkan sampai tingkat dunia untuk kita mengambil peran di sana,” ujarnya.

Untuk mendukung itu, pada saat Musrenbang kemarin, Pempeov Banten telah memposisikan semua sektor-sektor itu untuk bisa terwadahi di dalam upaya membangun Provinsi Banten dengan pengembangan sedemikian rupa.

“Tentu asas-asas teknis lainnya akan dilaksanakan oleh OPD terkait dengan partnershipnya,” ucapnya.

 

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Campur Aduk Perasaan Awinah Saat Dapat Hadiah Umrah dari Moch. Maesyal Rasyid

Berita Tangerang - Usia Awinah sudah mulai memasuki senja....

Bakal Calon Bupati Tangerang 2024 Mad Romli Makin Gencar Turun ke Desa-desa Menyapa Warga

Berita Tangerang - Bakal calon bupati Tangerang dari Partai...

Pj Wali Kota Tegaskan Komitmennya Dukung Pengembangan Kompetensi Buruh di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Penjabat atau Pj Wali Kota Tangerang,...