Pilkada Kabupaten Serang 2024; JSI Sebut Elektabilitas Andika Hazrumy Sulit Ditandingi

Date:

Bakal Calon Bupati Serang Andika Hazrumy memiliki elektabilitas mencapai hampir 60 persen berdasarkan hasil survei JSI. (FOTO: Istimewa)

Berita Serang – Elektabilitas calon bupati Serang 2024-2029, Andika Hazrumy nyaris menyentuh angka 60 persen. Pada sisi lain, sejumlah nama yang berpotensi jadi rival Andika hanya memiliki elektabilitas paling tinggi di angka 5,5 persen. Dengan demikian elektabilitas Andika menjadi suit ditandingi.

Demikian hasil survei yang dirilis Jaringan Suara Indonesia (JSI) di Serang, Rabu, 15 Mei 2024. Survei dilaksanakan 27 Maret hingga 1 April 2024.

“Tingkat keterpilihan atau elektabilitas Andika unggul maksimal hingga 59,7 persen. Menurut data survei kami, Andika adalah kandidat bupati Serang yang sangat kuat. Dengan perolehan survei sebesar itu, kami menilai, susah dilawan,” kata Direktur Eksekutif JSI, Fajar S Tamin kepada wartawan.

Setelah Andika, JSI mencatat sejumlah elektabilitas politisi lain yakni Yandri Susanto 5,5 persen; Nasrul Ulum 4,5 persen; Eki Baihaki 3,3 persen; Sopwan 2,9 persen; Subadri Usuludin 1,9 persen; dan Mansur 1,8 persen.

Selain itu, nama lainya yang punya potensi maju di pilkada Kabupaten Serang di bawah 2 persen.

“Masyarakat yang belum menentukan pilihan sebesar 16,6 persen,” ungkap Fajar.

Survei ini menggunakan Teknik multistage random samping dengan total responden 800 orang yang tersebar di 29 kecamatan. Margin error kurang lebih 3,5 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan dengan dengan wawancara tatap muka.

Menurutnya, elektabilitas Andika sejalan dengan tingginya popularitas atau keterkenalan. Mencapai 78,3 persen dan tingkat kesukaan sebesar 94,6 persen. Sementara popularitas kandidat yang lain, masih di bawah 30 persen.

“Melihat fakta survei, jika popularitas semakin naik, itu sejalan dengan tingkat kesukaan terhadap Andika. Artinya potensi peningkatan keterpilihan atau elektabilitas Andika juga cenderung bisa lebih tinggi lagi,” ujar Fajar.

Fajar menilai, popularitas dan elektabilitas Andika tidak lepas dari penilaian masyarakat terhadap kinerjanya di pemerintahan saat menjadi wakil gubernur Banten. Maupun aktivitasnya di berbagai organsiasi kepemudaan maupun sosial.

“Kami menilai, Andika adalah sosok yang sempurna sebagai calon bupati Serang. Sosoknya kuat secara personal, dan hebat secara persepsi publik,” ujarnya.

Dalam survei tersebut juga terungkap bahwa Andika dinilai sebagai sosok yang mampu melanjutkan estafeta kepemimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah saat ini. Tingkat kepuasan publik terhadap kepemimpinan Ratu Tatu sangat tinggi, mendekati 70 persen.

“Ibu Tatu sudah meninggalkan legacy yang sangat baik sebagai seorang pemimpin daerah. Paling ternilai positif adalah pembangunan infrastruktur dan peningkatan kualitas sumber daya manusia,” pungkasnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

DKPP Diminta Pecat Seluruh Komisioner KPU – Bawaslu di Lebak dan Pandeglang

Berita Banten - Koordinator Presidium Komite Aksi Himpunan Mahasiswa...

Mendagri Ungkap Peran Jokowi pada Penunjukkan Al Muktabar Jadi Pj Banten yang Ketiga Kali

Berita Jakarta - Al Muktabar telah dilantik kembali menjadi...