Mengenal Ruhandi, Jaro di Pelosok Lebak Keliling Indonesia Gaungkan Gerakan Literasi

Date:

Kepala Desa Warungbanten, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Ruhandi. (Istimewa)

Lebak- Bangunlah Jiwanya, Bangunlah Badannya untuk Indonesia Raya. Sepenggal bait lagu ciptaan WR Soepratman itu menjadi semangat kuat Ruhandi dalam menggaungkan gerakan Literasi.

Ya, Ruhandi merupakan seorang Kepala Desa atau Jaro di Desa Warungbanten, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak.

Meski berasal dari pelosok Kabupaten Lebak, semangat Ruhandi dalam mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas melalui literasi tak bisa dipandang sebelah mata.

Pasalnya, Pria yang lahir pada 7 Maret 1985 ini telah keliling Indonesia untuk menggaungkan gerakan literasi. Seperti Bogor, Yogyakarta, Indramayu, hingga Nusa Tenggara Barat.

Hal itu dilakukan semata-mata karena Ruhandi percaya bahwa literasi mampu melahirkan SDM yang berkualitas dan mampu berdaya saing.

“Sepenggal bait lagu Indonesia Raya itu sangat dalam artinya. Jadi yang dibangun itu jiwanya, badannya. Salah satunya lewat literasi,”kata Ruhandi kepada BantenHits, Sabtu, 7 Agustus 2021.

“Kalau SDM nya sudah terbangun, pembangunan di sektor lain pun akan mengikuti,”tambahnya.

Usut punya usut, belakangan ini Ruhandi juga tengah dibuat sibuk mengunjungi beberapa Perpustakaan Desa (Perpusdes) di Provinsi Banten.

Hal itu dilakukan lantaran Ruhandi dipercaya menjadi juri dalam perlombaan Perpusdes terbaik tingkat Provinsi Banten.

“Saya berharap semua orang, stakeholder menggaungkan gerakan literasi juga setiap desa dan daerah tidak hanya memfokuskan pada pembangunan fisik saja tapi juga membangun sumber daya manusianya,”imbuhnya.

“Dari gerakan literasi ini lah kita memulai pembangunan yang sebenarnya. Pembangunan SDM dan secara otomatis ketika SDM nya sudah oke dan bagus pembangunan yang lainnya pun akan bagus,”tutup pria yang juga berhasil terpilih sebagai ikon prestasi pancasila 2020 dari BPIP.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related