Connect with us

Berita Terbaru

Fix! Jumlah Pemilih di Lebak Bertambah Hampir 5 Ribu Jiwa

Published

on

Pemilih di Kota Serang

FOTO ILUSTRASI. Seorang warga sedang memasukan surat suara ke kotak suara di TPS 17 Kampung Kabul, Kota Serang. (BantenHits.com/ Mahyadi)

Lebak- Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kabupaten Lebak mencatat ada penambahan pemilih dari hasil pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan (DPB) triwulan keempat tahun 2021.

Jika dibandingkan dengan hasil pemutakhiran pada tahun 2020, pemilih pada tahun ini jumlahnya bertambah hampir lima ribu jiwa.

Baca Juga: Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran dan Penetapan DPS pada Pemilahan Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang 2020

“Alhamdulillah pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan triwulan keempat sudah dilaksanakan,”kata Ketua KPU Lebak, Ni’matullah, Rabu, 29 Desember 2021.

“Hasilnya, jumlah (Pemilih) sebanyak 998.773 terdiri dari 509.488 laki-laki dan 489.285 perempuan,”tambahnya.

BACA :  Panwaslu Pandeglang Tolak Seleksi Ulang Panwascam

Ni’matullah menjelaskan pemutakhiran DPB yang terus dikakukan KPU untuk mengetahui perkembangan jumlah pemilih yang berubah-rubah karena meninggal dunia, maupun pindah domisili keluar daerah.

Pemutakhiran bertujuan mendapatkan daftar pemilih berkualitas dengan membuka beberapa tahapan, dan menerima masukan dari masyarakat.

Ni’matullah mengatakan, data berkualitas harus memenuhi prinsip transparan, komperhensif, akurat, responsif, dan inklusif. Pemutakhiran data pemilih akan dilakukan hingga bulan Desember 2021.

“Amanat Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, KPU harus terus memutakhirkan secara kontinyu lalu PKPU Nomor 6 tahun 2021,” jelas dia.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler