Benarkah Makanan yang Lewat Tanggal Kedaluwarsa Tak Layak Dikonsumsi?

Date:

Sekitar tujuh persen atau sekira empat juta ton makanan per tahun harus terbuang percuma gara-gara warga kebingungan membaca atau salah menafsirkan tanggal kedaluwarsa pada kemasan. Padahal makanan tersebut sebenarnya masih layak untuk digunakan.

Temuan itu terjadi di Amerika Serikat berdasarkan riset ReFED, sebuah organisasi nirlaba yang menyoroti masalah sampah makanan. Dana Gunder dari ReFED menyarankan, jika produsen ingin menekankan mutu makanan, berilah anjuran penggunaan. Namun, jika mau menekankan pada waktu makanan membusuk baru menggunakan tanggal kedaluwarsa.

Dalam laporan VOA Indonesia, sejumlah aktivis menyarankan, untuk memastikan masih layak atau tidaknya makanan untuk dikonsumsi, konsumen sebaiknya melihat pada kondisi makanan dengan memperhatikan bau dan tekstur. Simak laporan lengkap VOA Indonesia untuk mengetahui informasi lengkapnya!

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Tewas saat Kengerian Pecah di Penancangan

https://youtu.be/KWQCpwQ5aZc   Serang - Rabu malam, 31 Agustus 2022 sekitar jam...

Penampakan Penanganan Kebakaran di Mal Serang

https://youtu.be/htSoS-eAP8M   Serang - Pengunjung dan karyawan di Mal Serang tiba-tiba...

https://youtu.be/12OLxlc0_-g Serang - Prestasi ditorehkan para polisi Banten. Berkat kerja...

Laka Lantas di Jembatan Cipatuk Pontang

https://youtu.be/1PsqXY8DeTw   Serang - Tiga kendaraan terlibat dalam kecelakaan lalu-lintas di...