Mampu Tingkatkan Penggunaan Produk UMKM dan Optimalisasi Pembangunan, Ini Sederet Manfaat Penggunaan e-Katalog Lokal

Date:

Kegiatan konsinyering PPK dan Jabatan Fungsional Pengelola Pengadaan Barang dan Jasa (JF PPBJ) di Lingkungan Pemkot Tangerang, digelar di Hotel Kubika, Kamis, 16 Maret 2023. Dalam kegiatan itu, Wali Kota Tangerang meminta setiap OPD menggunakan e-Katalog lokal dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa. (Foto: tangerangkab.go.id)

Berita Kota Tangerang – Penggunaan e-Katalog lokal mampu mengoptimalkan pelaksanaan pengadaan barang dan jasa. Karenanya, seluruh Organisasi Perangkat Daerah atau OPD di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang untuk segera memanfaatkan penggunaan e-Katalog.

Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah mengatakan, diharapkan dengan penggunaan e-katalog lokal ini dapat mendorong percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri (UMKM).

“(Penggunaan e-Katalog) juga dapat mendorong optimalisasi, transparansi dan efisiensi dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa,” kata Arief dalam keterangannya, dikutip BantenHits.com, Jumat, 17 Maret 2023.

Pernyataan Arief itu disampaikan saat menghadiri kegiatan Konsinyering Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Jabatan Fungsional Pengelola Pengadaan Barang dan Jasa (JF PPBJ) di Lingkungan Pemkot Tangerang, Kamis, 16 Maret 2023.

Acara tersebut digelar Bagian Pengadaan Barang Jasa Sekretariat Daerah Kota Tangerang bertempat di Aula Hotel Kubika, Kabupaten Tangerang.

“Karenanya saya minta agar OPD-OPD memprioritaskan penggunaan e-katalog lokal ini agar segala proses serta transaksi barang dan jasa tersebut dapat lebih efektif dan tidak menghambat berjalannya program-program pemerintah untuk masyarakat,” terang Arief.

Di samping itu, Arief juga meminta kepada seluruh pejabat dan jajaran pegawai di Lingkup Pemkot Tangerang, agar senantiasa mengembangkan pengetahuan dan wawasannya agar dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman.

“Pemerintah khususnya pusat itu akan selalu meregulasi peraturan-peraturan agar dapat memangkas birokrasi, karena semangatnya adalah menyederhanakan dan terus memberikan kemudahan-kemudahan bagi masyarakat,” terang Arief.

“Makanya jika ada perubahan tolong sikapi, rumuskan dan laksanakan. Upgrade terus skillnya agar dapat senantiasa menyesuaikan diri dengan perkembangan regulasi yang juga seiring dengan perkembangan teknologi,” pungkasnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

    View all posts

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Sstt… Bakal Ada Mobil Wasgakum Dilaunching di CFD, Hadir Yuk!

Berita Tangerang - Masyarakat Kota Tangerang diminta datang dan...

Edukasi Jadi ‘Jurus’ Penting untuk Atasi Stunting Sebelum Genting

Berita Tangerang - Penanganan stunting bukan hanya soal kesehatan...

Dear Warga Banten, Ubahlah Mindset! Kalian Adalah Jawara-jawara Berdaya Saing di Bidang Masing-masing!

Berita Tangerang - Provinsi Banten memiliki daya saing yang...