Jika Terjadi Head to Head di Pilpres 2024, Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies

Date:

Jika terjadi head to head di Pilpres 2024, Prabowo Subianto diprediksi ungguli Ganjar dan Anies Baswedan. ILUSTRASI: Menhan Prabowo Subianto menjawab ancaman kapal perang China di laut Natuna, dengan membawa pulang teknologi kapal perang canggih jenis Frigate tipe Arrowhead 140. (Foto/Kiswondari)

Berita Jakarta – Jika terjadi head to head pada Pemilihan Presiden 2024, Prabowo Subianto diprediksi akan unggul baik ketika berhadap dengan Ganjar Pranowo atau pun dengan Anies Baswedan.

Hal tersebut terpotret pada simulasi head to head pada survei yang digelar Indo Barometer pada Februari 2023 lalu.

Dalam suvei tersebut, Indo Barometer membuat simulasi head to head pertama, mempertemukan antara Prabowo Subianto dengan Ganjar Pranowo. Hasilnya, Prabowo unggul dengan perolehan elektabilitas sebesar 38,5%. Sementara, Ganjar memperoleh elektabilitas sebesar 35,4%.

Sementara dalam simulasi kedua, Prabowo dipertarungkan dengan Anies Baswedan. Hasilnya, Prabowo unggul dengan perolehan elektabilitas sebesar 40,3%. Sementara, Anies memperoleh elektabilitas sebesar 30,7%.

“Ini surprise ya, karena Pak Prabowo di tiga nama itu berada di posisi nomor dua, Ganjar nomor satu, tetapi ketika Head to Head kok Pak Prabowo unggul?” kata M Qodari Direktur Eksekutif Indo Barometer dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 22 Maret 2023 dilansir RCTI+, jaringan BantenHits.com.

Qodari pun mengungkap alasan yang membuat Prabowo unggul dalam simulasi head to head ini. Menurutnya, Ketua Umum Gerindra itu mendapatkan suara tidak hanya berasal dari kelompok pendukung Jokowi bahkan juga mendapatkan suara dari non pendukung Jokowi.

“Prabowo ini posisinya di tengah-tengah, sehingga ketika calon tinggal dua, Pak Prabowo dia dapat pemilih yang anti Jokowi sekaligus yang dukung Jokowi, jadi, dapat dua-duanya. Jadi, untung besar Pak Prabowo ini,” ujarnya.

Qodari turut memaparkan bahwa Jokowi menjadi salah satu variabel penentu kemenangan pada Pilpres 2024 nanti. Jokowi sebagai tokoh politik yang memiliki jaringan relawan yang luas sejak tahun 2014 hingga saat ini bisa membantu capres yang memiliki kedekatan dengan Jokowi.

Untuk diketahui, survei Indo Barometer ini dilakukan pada periode 12-24 Februari 2023 dengan menggunakan metode wawancara tatap muka.

Survei dilakukan di 33 Provinsi di Indonesia dengan total responden sebanyak 1.190 dan dengan Margin of Error sebesar +- 2.9% pada tingkat kepercayaan di 95%.

Sumber: RCTI+

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

    View all posts

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Produksi Air Susu Ibu Buatan di Israel, Danone Investasi US$ 3,5 Juta

Berita Jakarta - Media-media Israel ramai memberitakan dengan antusias...

Cerita Pj Gubernur Banten Lima Kali Selalu Jadi Pemotong Hewan Kurban dari Jokowi

Berita Banten - Pelaksanaan Salat Idul Adha di Kawasan...

Sedot APBD Rp 62 M Lebih, Pengadaan 4,9 Ha Lahan RSUD Tigaraksa Berawal Hasil FS PT Inasa Sakha Kirana

Berita Tangerang - Kantor Kejaksaan Negeri atau Kejari Kabupaten...