Wali Kota Bandar Lampung Sebut Konsep Smart City yang Diadopsi dari Pemkot Tangerang Akan Bawa Perubahan

Date:

Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah bersama Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana saat menandatangani perjanjian kerja sama pembangunan antar daerah, di antaranya meliputi smart city dan SPBE. (FOTO: tangerangkota.go.id)

Berita Tangerang – Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana menyebut berbagai aplikasi yang diadopsi wilayahnya dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang akan membawa perubahan bagi tata kelola pemerintahan dan kepegawaian di Kota Bandar Lampung.

Hal tersebut disampaikan Eva seusai acara penandatanganan perjanjian kerjasama atau MoU anatara Pemkot Tangerang dengan Pemkot Bandar Lampung di Kota Palembang, Sumatera Selatan, Rabu, 7 Juni 2023.

Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah bersama Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana secara langsung menandatangani perjanjian kerja sama pembangunan antar daerah tersebut. Kerjasama meliputi sejumlah hal, mulai dari pengembangan smart city hingga sistem merit.

“Semoga ke depan bisa membawa prestasi bagi Kota Bandar Lampung,” kata Eva melalui keterangan resmi Pemkot Tangerang.

Pengelolaan pemerintahan dengan konsep smart city serta Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang diusung oleh Pemerintah Kota Tangerang, sejauh ini menarik perhatian dari berbagai instansi dan juga pemerintah daerah.

Kerjasama dengan Kota Bandar Lampung menambah daftar pemerintah daerah yang tertarik mengadopsi sistem tata kelola pemerintahan khususnya dalam hal sistem kepegawaian yang dikemas dalam SIM ASN (Sistem Informasi Manajemen Aparatur Sipil Negara) yang diterapkan di Kota Tangerang.

“Sejauh ini sudah hampir 40 kota dan kabupaten sudah bekerjasama terutama terkait pengembangan e-Government dan semua diberi secara cuma – cuma,” ungkap Arief dalam acara penandatanganan MoU tersebut.

Arief melanjutkan SIM ASN yang memuat berbagai data – data kepegawaian telah digunakan oleh Pemkot Tangerang sejak tahun 2019 akan bermanfaat jika dipergunakan secara masif oleh seluruh ASN, karena akan membantu proses kepegawaian di Kota Tangerang.

“Keuntungan bagi pimpinan OPD untuk evaluasi kinerja dari ASN, serta untuk menentukan jenjang karir,” bebernya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

    View all posts

Terpopuler

Share post:

spot_img

Berita Lainnya
Related

Kulineran sampai Puas Sambil Menikmati Ribuan Lampion di Taman Rasa dan Cahaya TangCity Mall

Berita Tangerang - Bayangkan, apa rasanya ketika Anda dihadapkan...

Mengenal Mama Centing, Inovasi Penanganan Stunting Puskesmas Bojong Kamal Legok yang Raih Juara di Banten

Berita Banten - Metode penanganan stunting kini dilakukan dari...

Ingin Lingkungan Kerja di Pemkot Tangerang Bersih dan Produktif, Pj Wali Kota Terbitkan SE Larangan Judi Online

Berita Tangerang - Pemerintah Kota atau Pemkot Tangerang menerbitkan...