Tanggapi Keluhan Warga, Direktur Teknik Perumdam TKR Turun Langsung Arahkan Pekerja Galian Pipa untuk SPAM Rajeg

Date:

Direktur Teknik Perumdam TKR Kabupaten Tangerang, Yadi Treviyadi meninjau pelaksanaan proyek pemasangan pipa untuk SPAM Rajeg di Jalan M.Toha dan Jalan Proklamasi, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang. (Dok. Humas Perumdam TKR)

Berita Tangerang – Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kerta Raharja atau Perumdam TKR Kabupaten Tangerang, saat ini tengah mengebut proyek pemasangan pipa untuk Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Rajeg.

Instalasi ini penting untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat yang ada di sekitar Rajeg. Perumdam TKR sendiri telah menargetkan dengan dibangunnya saluran ini akan ada 32 sambungan baru terpasang.

Pemasangan pipa SPAM Rajeg ini membentang dari Cikokol, Kota Tangerang hingga Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang. Proyek ini melintasi sejumlah jalan utama, di antaranya Jalan Raya Imam Bonjol, Jalan Raya Merdeka, Jalan Raya Mauk, dan Jalan Raya Cadas Kukun.

Karena panjangannya pelintasan proyek ini, praktis arus lalu lintas di sepanjang jalan yang terlintasi sedikit mengalami gangguan.

Direktur Teknik Turun Langsung

Untuk meminimalisir terjadinya gangguan bagi pengguna jalan, Direktur Teknik Perumdam TKR Kabupaten Tangerang, Yadi Treviyadi bahkan langsung melakukan tinjauan di Jalan M.Toha dan Jalan Proklamasi, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang.

Tinjuan tersebut dilakukan Yadi pada Mei 2023 lalu untuk merepons keluhan pengguna jalan, lantaran hanya satu jalur yang bisa dilintasi oleh pengguna kendaraan. Hal ini membuat kemacetan yang cukup padat di daerah tersebut.

Saat melakukan tinjauan, Yadi Treviyadi memastikan bahwa galian pipa segera dibenahi dan tidak mengganggu lalu lintas pengendara jalan di daerah Kecamatan Karawaci tersebut. Yadi juga memberika pengarahan langsung kepada pelaksana.

Bahkan, pada kesempatan tersebut, Yadi juga memberikan teguran kepada pelaksana galian pipa agar segera mempercepat proses galian pipa dan tidak memakan waktu lebih lama lagi. Dirinya juga mengimbau agar tanah galian pipa dirapihkan serta tidak membahayakan bahu jalan.

Sosialiasi Proyek

Direktur Teknik Perumdam TKR Kabupaten Tangerang, Yadi Treviyadi memberikan pengarahan langsung kepada pelaksana proyek pemasangan pipa untuk SPAM Rajeg. (Dok. Humas Perumdam TKR)

Sebelum melaksanakan proyek ini, Perumdam TKR Kabupaten Tangerang telah menggelar sosialisasi pemasangan jaringan pipa transmisi air minum SPAM Rajeg pada Senin, 16 Januari 2023.

Terkait pelaksanaan proyek pemasangan jaringan pipa transmisi air minum pada SPAM Rajeg ini, Direktur Utama Perumdam TKR Kabupaten Tangerang, Sofyan Sapar sudah menyampaikan permohonan maaf kepada warga, terutama yang biasa beraktivitas di sepanjang jalan yang akan terlintasi jalur proyek.

“Kami mohon maaf kepada warga, terutama pengguna jalan jika selama pelaksanaan prmasangan jaringan pipa aktivitas warga menjadi terganggu,” ungkap Sofyan, Selasa sore, 17 Januari 2023.

Zero Korupsi

Dalam sosialisasi tersebut Sofyan Sapar mengatakan, pihaknya melibatkan Kejaksaan Agung (Kejagung) untuk mengawasi langsung proyek pemasangan jaringan pipa transmisi air minum pada SPAM Rajeg.

“(Pengawasan Kejari) sebagai bukti komitmen Perumdam TKR Kabupaten Tangerang menerapkan zero korupsi pada setiap proyek yang dilaksanakan,” ungkap Sofyan.

Pengawasan Kejagung, lanjut Sofyan, akan terus melekat sepanjang pelaksanaan proyek pemasangan jaringan pipa dari awal proyek dilaksanakan hingga proyek tuntas dikerjakan.

Proyek prestisius Perumdam TKR Kabupaten Tangerang di wilayah Rajeg ini, ditargetkan tuntas dalam 240 hari kalender kerja.

Sebelumnya pada 2021 lalu, Perumdam TKR juga sudah membangun jaringan pipa transmisi air untuk wilayah Kelapa Dua, Legok, dan Curug. Berkat jaringan tersebut, puluhan ribu warga yang sudah menanti puluhan tahun kini bisa menikmati air bersih Perumdam TKR Kabupaten Tangerang.

Target RPJMD

Pemerintah Kabupaten Tangerang menargetkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) cakupan pelayanan air bersih mencapai 60 persen.

Target RPJMD tersebut telah dilaksanakan dengan baik oleh Perumdam TKR Kabupaten Tangerang.

“Saat ini cakupan pelayanan air bersih di Kabupaten Tangerang sudah mencapai 50%, yang ditargetkan 60% dalam RPJMD,” kata Sofyan Sapar, 1 Desember 2022.

Dalam program Kerja RKA 2023, lanjut Sofyan, pihaknya telah menyampaikan kepada Bupati Tangerang, bahwa Rencana Kerja Tahun 2023, diprioritaskan kepada pemasangan sambungan langganan (SL) dan Penambahan Jaringan Distribusi hampir ke seluruh kecamatan di Kabupaten Tangerang.

“RUPS Pengesahan RKA 2023 dan Revisi Bisnis Plan ditandatangani Bupati Tangerang selaku KPM (Kuasa Pemilik Modal),” ungkapnya.

Sofyan menjelaskan, melalui capaian yang telah dilakukan Perumdam TKR Kabupaten Tangerang, sejumlah wilayah yang sudah puluhan tahun tak pernah teraliri pelayanan air bersih kini sudah bisa menikmati.

Wilayah tersebut di antaranya Kecamatan Kelapa Dua yang meliputi sejumlah perumahan padat penduduk seperti Dasana Indah dan Medang Lestari.

Kemudian juga wilayah Kecamatan Curug yang meliputi sejumlah perumahan di antaranya Binong Permai dan Saribumi Indah.

“Untuk wilayah Kelapa Dua, Dasana, Medang Lestari, Binong tahun ini sudah terlayani air bersih, yang mana hampir lebih 20 tahun belum pernah ada jaringan PDAM ke wilayah tersebut,” beber Sofyan.

Keringanan bagi Warga Pantura

Sofyan menuturkan, untuk pelayanan wilayah Tangerang Utara, pihaknya telah mempertimbangkan untuk memberikan sejumlah keringanan bagi warga yang ingin memasang sambungan air bersih. Pasalnya, mayoritas kondisi perekonomian di wilayah itu masih memprihatinkan.

“Sementara untuk pelayanan wilayah utara, masyarakat masih banyak berharap adanya subsidi ataupun promo pemasangan sambungan SL, dan sebagian masyarakat berharap gratis pemasangan air,” ucap Sofyan.

“Bahwa memang kondisi perekonomian masyarakat yang masih memprihatinkan, rendahnya WTP (Willingnes to Pay) dan ATP (Appordable to Pay) yaitu kemauan dan kemampuan membayar masyarakat yg rendah, maka perlu disikapi dengan skema promo ataupun skema pencicilan untuk biaya pemasangan air di tahun 2023,” sambungnya.

Dalam rencana kerja 2023 ini, tambahnya, Perumdam TKR Kabupaten Tangerang sedang mempersiapkan program dan konsep pemasaran dan pembayaran sambungan langganan (SL) tersebut.

Jika berkaca pada wilayah Kelapa Dua, Medang dan Dasana Indah, umumnya masyarakatnya sudah menggunakan sumur bawah tanah.

“Hal ini menjadi perhatian khusus karena masyarakat belum berminat untuk memasang sambungan air,” pungkasnya.(ADV)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Sstt… Bakal Ada Mobil Wasgakum Dilaunching di CFD, Hadir Yuk!

Berita Tangerang - Masyarakat Kota Tangerang diminta datang dan...

Edukasi Jadi ‘Jurus’ Penting untuk Atasi Stunting Sebelum Genting

Berita Tangerang - Penanganan stunting bukan hanya soal kesehatan...

Dear Warga Banten, Ubahlah Mindset! Kalian Adalah Jawara-jawara Berdaya Saing di Bidang Masing-masing!

Berita Tangerang - Provinsi Banten memiliki daya saing yang...